Ini Tampang Pria 3 Istri yang Nikahi Anak 12 Tahun di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 13:45 WIB
pernikahan anak 12 tahun
Tampang pria yang nikahi anak 12 tahun (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Polisi melakukan penyidikan intensif kepada tersangka NW (40) mempelai pria dari pernikahan siri dengan anak usia 12 tahun. Sebelum diperiksa, WN digelandang ke ruang penyidik untuk kembali dimintai keterangan.

WN hanya bisa tertunduk lesu saat digiring dari ruang tahanan menuju ruang penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). NW yang sudah memakai baju tahanan ini dikawal oleh dua petugas, Selasa (14/7/2020).

"Masih kita mintai keterangan lagi. Belum kita rilis. Besok kita rilis," ujar Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, AKP M. Solikin Ferry kepada detikcom.

NW merupakan warga Kecamatan Siliragung, Banyuwangi. Belakangan, NW diketahui sudah memiliki istri tiga. Ibu angkat korban terpaksa menikahkan siri putrinya karena hutang budi kepada tersangka, lantaran dia sering membantu biaya pengobatan korban saat sakit.

"Alasan ibu angkat korban untuk membiayai sang anak. Anak ini katanya sering sakit, dan si laki-laki ini katanya sering bantu biaya pengobatannya," kata pendamping korban, Imam Ghozali kepada detikcom.

Orang tua kandung korban yang mendengar kabar pernikahan siri puterinya tersebut tak terima dan melaporkan kasus tersebut ke polisi. Selain masih di bawah umur, pernikahan siri tersebut tanpa sepengetahuan dan persetujuan mereka.

"Kita laporkan ke Polsek Siliragung selanjutnya dilimpahkan ke Polresta,"pungkasnya.

Dugaan pernikahan dini dengan korban anak di bawah umur berusia 12 tahun terjadi di Banyuwangi. Seorang anak yang baru saja lulus Sekolah Dasar (SD) dinikahkan dengan orang tua berusia 40 tahun. Kasus ini dilaporkan oleh warga sekitar ke aparat kepolisian.

Keluarga korban datang mengadu ke ketua RT dan Kepala Dusun yang berada di Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Minggu (12/7/2020). Warga pun kemudian melaporkan masalah ini ke aparat kepolisian.

(iwd/iwd)