Perawat IGD Puskesmas di Kota Probolinggo Meninggal Kena COVID-19

M Rofiq - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 22:24 WIB
Perawat Puskesmas Ketapang Kota Probolinggo yang positif COVID-19 meninggal. Ia mengembuskan napas terakhir setelah sepekan dirawat di RSUD dr Mochamad Saleh.
Pelepasan jenazah perawat Puskesmas Ketapang Kota Probolinggo yang meninggal kena COVID-19/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Perawat Puskesmas Ketapang Kota Probolinggo yang positif COVID-19 meninggal. Ia mengembuskan napas terakhir setelah sepekan dirawat di RSUD dr Mochamad Saleh.

Perawat itu berusia 52 tahun dan merupakan warga Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Ia tertular saat merawat pasien COVID-19 warga Kecamatan Kademangan, yang meninggal sebulan lalu.

Pelepasan jenazah perawat diwarnai tangis teman-teman seprofesi dan tim medis di Kota Probolinggo. Saat melepas jenazah, mereka menyalakan lampu ponsel sambil berdoa di Jalan Raya Letjend Panjaitan.

Tangis pecah saat ambulans membawa jasad korban. Hampir seluruh tim medis melambaikan tangan, melepas garda depan penanganan COVID-19 yang telah gugur.

Ina Asari, teman perawat yang gugur berharap, masyarakat lebih peduli kesehatan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Agar penyebaran wabah cepat usai. Kemudian ia juga meminta warga selalu berkata jujur saat berobat. Baik kepada dokter praktik, Puskesmas dan ke rumah sakit.

"Korban merupakan perawat senior, orang baik dan selalu memberikan contoh ke juniornya dengan baik. Dan selalu mendidik. Saya sangat kehilangan beliau," jelas Ina, Senin (13/7/2020).

Ketua Gugus Tugas Satgas COVID-19 Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin berharap, amal baik sang perawat diterima Allah SWT. "Kami melihat profesinya sangat mulia, menjadi penyelamat dan garda terdepan menyelamatkan masyarakat dalam merapat pasien COVID-19, sampai dirinya meninggal dunia menjadi pahlawan kemanusiaan. Saya hadir di sini untuk melepas keberangkatan jenazah sang pahlawan kemanusiaan ini. Semoga tidak ada lagi korban nakes akibat paparan virus Corona," kata Hadi di RSUD dr Mochamad Saleh.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, total pasien Positif COVID-19 ada 133 orang. Yang dirawat 64 orang, sembuh 65 orang dan 3 meninggal dunia. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada 57 orang. Yang dalam pengawasan 10 orang, dan selesai pengawasan 39 orang, dan yang meninggal 8 orang. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) ada 402 orang. Yang dalam pemantau 32 orang dan selesai pemantauan 370 orang.

(sun/bdh)