Mempelai Pria dari Pernikahan Siri Anak 12 Tahun Miliki 3 Istri

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 20:16 WIB
Imam Ghozali, pendamping korban
Imam Ghazali, pendamping korban (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Anak usia 12 tahun di Banyuwangi dinikahkan siri oleh orangtua angkatnya. Sang mempelai pria adalah NW usia 40-an tahun yang diduga sudah memiliki istri 3. Orang tua kandung korban pun melaporkan hal ini ke polisi.

Sugiyanto (49), paman korban mengaku mengenal dengan baik mempelai pria dari pernikahan siri anak di bawah umur ini. Dirinya mengetahui jika WN sudah memiliki istri 3.

"Istrinya tiga. Kok ya masih tega nambah lagi. Apalagi anaknya masih di bawah umur," ujarnya kepada detikcom, Senin (13/7/2020).

Sugiyanto baru mengetahui pernikahan siri keponakannya itu dari orang tua kandung korban. Dirinya mengaku langsung datang dari Bali setelah mendengar kabar tak sedap itu.

"Ya saya langsung ke Banyuwangi. Saya minta orang yang menikahkan dan menikahi ini dihukum berat. Tidak sepantasnya anak usia 12 tahun nikah. Masih di bawah umur," pungkasnya.

Sementara itu, pendamping korban, Imam Ghozali mengakui jika mempelai pria WN sudah memiliki istri. Pernikahan dengan korban merupakan pernikahan siri yang disaksikan oleh ibu angkat korban dan dinikahkan oleh modin setempat.

"Iya, yang laki-laki itu sudah punya istri. Pernikahan siri dengan yang bersangkutan," tambahnya.

Dugaan pernikahan dini dengan korban anak di bawah umur berusia 12 tahun terjadi di Banyuwangi. Seorang anak yang baru saja lulus Sekolah Dasar (SD) dinikahkan dengan orang tua berusia 40 tahun. Kasus ini dilaporkan oleh warga sekitar ke aparat kepolisian.

Keluarga korban datang mengadu ke ketua RT dan Kepala Dusun yang berada di Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Minggu (12/7/2020). Warga pun kemudian melaporkan masalah ini ke polisi.

(iwd/iwd)