54 Pegawai RRI Surabaya Positif COVID-19, Sekarang Jalani Tes Swab Ketiga

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 18:50 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 54 pegawai di Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya dinyatakan positif COVID-19. Jumlah itu dilakukan setelah dilakukan swab pertama. Namun, sebelum hasil swab pertama keluar, para pegawai melakukan swab kedua dan hasilnya negatif. Akhirnya, pihak RRI melakukan swab ketiga kalinya hari ini.

Kepala Lembaga Penyiaran Publik RRI Surabaya, Sumarlina mengatakan pihaknya telah melakukan tiga kali swab. Swab pertama dilakukan pada 26 Juni, namun hasilnya baru keluar Sabtu (11/7).

"Ini sudah yang ke tiga. Swab pertama tanggal 26 Juni hasil baru diterima tanggal 11 Juli, hari Sabtu. Sejak tanggal 27 Juni, manajemen sudah mengambil sikap dengan melakukan lockdown kepada seluruh karyawan sampai tanggal 12 Juli," papar Sumarlina kepada detikcom di Surabaya, Senin (13/7/2020).

Sebelumnya, saat terlampau lama menunggu hasil swab yang tak kunjung keluar, pihak RRI akhirnya melakukan swab kedua pada 6 Juli. Hasilnya, seluruh karyawan dinyatakan negatif.

"Tanggal 6 Juli melakukan swab kedua hasilnya langsung diterima tanggal 7 dinyatakan seluruh pegawai negatif 100 persen. Sehingga lockdown rencana dicabut, tanggal 13 akan kembali oprasional optimal," imbuhnya.

Namun, Sumarlina mengaku kaget saat hasil swab pertama muncul dan diketahui ada 54 yang positif COVID-19. Akhirnya, pihaknya memilih untuk melakukan swab ketiga agar hasilnya lebih pasti.

"Tanggal 11 kami baru menerima kabar hasil swab pertama dengan terkonfirmasi sejumlah 54 pegawai positif. Akhirnya lockdown tetap diperpanjang 2 sampai 3 minggu ke depan," jelas Sumarlina.

"Tanggal 13 Juli karyawan yang dinyatakan positif di swab pertama dan sudah dinyatakan negatif pada swab ke dua, melakukan swab ulang yang ke 3 di RS Premier," tambahnya.

Sumarlina menambahkan pihaknya kini tengah menunggu hasil swab ketiga. Swab ini dilakukan atas dukungan Pemkot Surabaya. Sementara itu, para karyawan juga telah melakukan isolasi diri.

"Swab dilakukan atas dukungan atau bantuan pemerintah kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Sejak lockdown dari tanggal 27 Juni sampai 2 atau 3 minggu ke depan, siaran RRI Surabaya Pro 1, Pro 2 dan Pro 4 full merally Pro 3 RRI," pungkasnya.

(hil/fat)