Bupati Ngawi Setuju Rumah yang Dipindah dalam Semalam Jadi Wisata Unik

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:17 WIB
Bupati Ngawi Budi Sulistyono angkat bicara soal salah seorang warganya yang mengaku memindahkan rumah seorang diri dalam semalam. Menurutnya itu terjadi atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa.
Bupati Ngawi Budi Sulistyono/Foto: Sugeng Harianto
Ngawi -

Giman (47) ingin rumah yang ia pindahkan dalam semalam menjadi wisata rumah unik. Keinginan warga Dusun/Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar ini mendapat respons baik dari Bupati Ngawi, Budi Sulistyono.

"Ya bisa saja untuk wisata unik mungkin," ujar Kanang, sapaan akrab Bupati Ngawi, saat dihubungi detikcom, Senin (13/7/2020).

Saat ditanya apakah dirinya yakin Giman bisa memindahkan rumah seorang diri dalam semalam, Kanang menyebut itu semua kuasa Tuhan. "Giman ndak bisa, itu kuasa Allah," terangnya.

Menurutnya, rumah Giman bisa menjadi tempat wisata karena memiliki daya tarik cerita yang unik. "Pertimbangan bisa saya mungkin keunikan dunia," tambahnya.

Giman viral di media sosial setelah mengaku memindahkan rumah seorang diri dalam semalam. Bahkan ia memindahkan rumah di Dusun/Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar itu hanya dengan waktu sekitar 1,5 jam.

Rumah khas Jawa tersebut terdiri dari 20 tiang kayu, lengkap dengan atap genting dan berukuran 10 x 12 meter. Oleh Giman, rumah itu digeser 60 sentimeter ke depan dan dinaikkan sekitar 1,3 meter dari pondasi lama.

Hingga saat ini, rumah Giman masih ramai dikunjungi warga yang penasaran. Bahkan dalam sehari, pengunjung hampir mencapai seribu orang.

(sun/bdh)