SMA Negeri Sidoarjo Kenalkan Masa Pengenalan Sekolah dengan Daring

Suparno - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 12:12 WIB
SMA Negeri di Sidoarjo Kenalkan Masa Pengenalan Sekolah Dengan Metode Daring
Siswa mengenal sekolah dengan daring (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Siswa di Sidoarjo beradaptasi dengan metode daring di sekolahnya, saat tahun ajaran baru. Meski begitu tak menyurutkan para siswa tetap mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) jenjang SMA/SMK.

MPLS ini di dilakukan menindaklanjuti surat edaran dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim. Dan SMA Negeri 3 Sidoarjo menggelar MPLS akan menggelar metode daring selama 3 hari ke depan sata pandemi Corona.

Dari pantauan detikcom, Kasek SMA Negeri 3 Sidoarjo Ristiwi Peni menyimak sambutan Gubernur Jatim untuk untuk anak didik baru secara online. MPLS di SMA Negeri 3 Sidoarjo tahun ajaran 2020/2021 ini digelar via zoom dan youtube paling lama 3 hari pada minggu pertama.

Kasek Ristiwi Peni mengatakan kegiatan MPLS tahun ajaran ini harus diisi dengan kegiatan edukatif, kreatif dan menyenangkan. Perencanaan pun sudah disampaikan kepada orang tua wali terlebih dulu. Dan kepala sekolah bertanggung jawab penuh dalam MPLS. Mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

"Pelaksanaan MPLS dilakukan selama 3 hari. Mulai Senin 13 Juli hingga Rabu 15 Juli 2020. Diharapkan peserta didik baru mengenal lebih dekat lingkungan sekolahnya, sehingga ke depan bisa cepat beradaptasi saat nanti dilakukan pembelajaran dengan metode tatap muka," kata Peny kepada detikcom di SMA Negeri 3 Sidoarjo, Senin (13/7/2020).

Masa Pengenalan Sekolah Dengan Metode DaringMasa Pengenalan Sekolah Dengan Metode Daring/ Foto: Istimewa

Saat ini, jelas Peny, siswa-siswi didik baru di sekolahnya menggunakan aplikasi zoom dan youtube dari rumah masing-masing untuk mengikuti MPLS.

"Untuk Tahun Ajaran Baru 2020 SMA Negeri 3 Sidoarjo menerima 384 siswa baru. Semua siswa hari ini mengikuti MPLS secara daring," jelas Peny.

Sementara salah satu siswa baru SMA Negeri 3 Sidoarjo Rizqi Nofansyah mengungkapkan dirinya beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru, dengan metode daring. Meskipun tidak langsung bertatap muka dengan tenaga pendidiknya.

"Meskipun begitu tetap bersemangat untuk mengikuti MPLS sampai tiga hari ke depan," kata Rizqi.

Sementara siswa SMA 1 Negeri Sidoarjo juga melakukan pengenalan metode daring. Salah satunya Dandy. Namun dia mengaku hari ini kesulitan melakukan pembelajaran melalui daring.

"Mungkin semua daring jadi saya ga bisa masuk online," jelas siswa yang tinggal di Perum Citra Surya Mas.

(fat/fat)