Antisipasi Balap Liar di Kota Blitar, Puluhan Motor Diamankan

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 11:07 WIB
59 Motor Diamankan Polresta Blitar
Foto: Istimewa
Blitar -

Sebanyak 59 sepeda motor diamankan Polresta Blitar. Mereka dijaring dalam operasi skala besar sebagai antisipasi adanya balap liar.

Operasi skala besar secara kontinyu digelar jajaran Polresta Blitar tiap akhir pekan. Sabtu (11/7) malam, polisi menyisir ke beberapa lokasi yang terindentifikasi tempat berkumpulnya anak-anak muda yang akan melakukan balap liar.

Di antaranya, di areal Makam Bung Karno (MBK) Jalan Soekarno, TMP Raden Wijaya di Jalan Sudanco Supriyadi, Kebonrojo di Jalan Diponegoro dan Jalan Merdeka Kota Blitar. Penyisiran dimulai sejak pukul 19.00 hingga menjelang pukul 22.00 WIB.

Mereka yang terjaring polisi di antaranya karena melanggar peraturan lalu lintas. Seperti tidak memakai helm, kondisi fisik motor yang tidak standart dan boncengan tiga.

"Operasi skala besar ini kami lakukan sebagai antisipasi adanya aksi balap liar. Sehingga kami lakukan penilangan bagi pengendara yang tidak memakai helm, motornya tidak standart dan boncengan tiga. Untuk malam ini ada 59 motor yang kami amankan," kata Kanit Regident unit Registrasi dan Identifikasi Samsat Blitar Kota, Iptu agus prayitno dikonfirmasi detikcom, Minggu (12/7/2020).

Sebagai efek jera, mereka yang ditilang juga dihukum mendorong motornya menuju Mapolresta Blitar. Sesampai di mapolresta, mereka dikumpulkan, didata dan diberikan pengarahan tentang keselamatan dan keamanan berkendara.

"Selain itu, kami juga sosialisasikan kewajiban memakai masker di saat pandemi Corona. Nanti akan ditegakkan disiplin pemakaian masker ini dengan sanksi tegas," imbuhnya.

Bagi yang terjaring operasi, pemilik kendaraan wajib mengganti spare part standart, serta mengisi formulir tidak akan mengulangi memasang atau menggunakan lagi. Selain itu, mereka yang terdata pernah terjaring dalam razia sebelumnya, harus mengajak orang tua atau walinya pada saat mengambil sepeda motor yang disita.

Tonton video 'Balap Liar Setop Kendaraan di Serpong, 4 Orang Ditangkap':

(fat/fat)