Motif Pembunuh Bocah 5 Tahun Belum Jelas, Polisi Tes Kejiwaan

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 17:14 WIB
pembunuhan di pasuruan
Pasutri pembunuh bocah 5 tahun di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Penyidikan kasus pembunuhan bocah 5 tahun di Pasuruan terus dilakukan. Sat Reskrim Polres Pasuruan berkoordinasi dengan Polda Jatim untuk mengetahui kondisi kejiwaan tersangka.

Tohir (27) dan istrinya Ifa Maulaya (19), warga Dusun Klompang, Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, sudah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan RH (5), bocah perempuan tetangganya sendiri.

"Kami masih koordinasi dan bersurat ke Polda untuk pemeriksaan kejiwaan dari si tersangka T (Tohir). Soalnya gini, kita belum bisa simpulkan motif dia ini apa. Soalnya semuanya terjadi di sana," kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Adrian Wimbarda, kepada detikcom, di mapolres, Kamis (9/7/2020).

Semua kejadian yang dimaksud Adrian yakni sejak Tohir bertemu korban kemudian dipancing dengan es krim lalu diajak ke rumahnya. "Di sana dicabuli dua kali. Kita juga masih memeriksa apakah saat mencabuli korban istrinya tahu atau tidak," terang Adrian.

Setelah dicabuli, Tohir memanggil istrinya untuk melucuti perhiasan korban. Setelah perhiasan dilucuti lalu dibawa ke irigasi.

"T kemudian menyuruh istrinya ambil balok untuk mukul korban hingga masuk ke air. Setelah itu dia suruh istrinya pergi, saat istrinya pergi dia celupkan kepalanya ke air dua kali," jelas Adrian.

"Jadi belum diketahui motif awalnya, untuk perampasan atau pencabulan," ungkapnya.

RH, bocah perempuan berusia 5 tahun ditemukan tewas di saluran irigasi di Dusun Klompang, Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (7/7/2020). Penemuan mayat korban menggegerkan warga.

(iwd/iwd)