Satu Positif COVID-19, RSUD Ngudi Waluyo Istirahatkan 6 Nakes Komorbid

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 11:08 WIB
RSUD Ngudi Waluyo Wlingi
RSUD Ngudi Waluyo (Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Seorang tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Ngudi Waluyo terkonfirmasi positif COVID-19. Enam nakes lain yang punya penyakit diabetes dan darah tinggi ikut diistirahatkan agar imunitas tubuhnya tidak menurun.

Nakes yang positif Corona ini seorang wanita berusia 45 tahun, bertugas di bagian IGD. Pasien merupakan warga Kelurahan Rembang Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Dia menulari bapaknya dan dua anak perempuan berusia 9 tahun.

Dirut RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Endah Woro Utami bertindak sigap begitu tanggal 5 Juli menerima hasil swab salah satu nakesnya positif Corona. Rapid test dan tes swab internal dilakukan.

"Dari semua orang yang pernah kontak erat dengan nakes yang positif Corona, hasil tes swabnya negatif semua," jawab Woro kepada detikcom, Kamis (9/7/2020).

Namun pihak rumah sakit mengambil kebijakan sendiri. Beberapa nakes yang punya riwayat sakit diabetes, asma dan darah tinggi, diistirahatkan untuk beberapa hari.

"Tapi yang kontak erat, minta istirahat dan komorbid seperti kencing manis, asma, darah tinggi kita isitrahatkan dulu," imbuhnya.

Tonton juga 'Positif Corona, Presiden Brasil Minum Obat Malaria':

[Gambas:Video 20detik]

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Ngudi Wlingi dr Deny Christianto menambahkan, ada enam nakes lain yang diistirahatkan setelah ada satu nakesnya yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

"Ada 6 orang yang sementara istirahat, sudah digantikan dengan tim dari unit yang lain. Kemarin infonya saat di data kondisinya kurang fit dan ada komorbid. Maka sebaiknya istirahat dulu," jawab Deny.

Keenam nakes itu diistirahatkan selama tiga hari, sejak tanggal 6 sampai 8 Juli. Dan hari ini, akan dilakukan evaluasi, apakah mereka ditambah masa istirahatnya atau sudah diizinkan kembali bekerja.

(iwd/iwd)