Meski Telah Ganti Nama, Bengkel Tambal Ban Rp 600 Ribu Masih Sepi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 17:06 WIB
viral tambal ban 600 ribu
Tambal ban Selangit (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Bengkel tambal ban dengan harga Rp 600 ribu telah berganti nama menjadi bengkel tambal ban Selangit. Pergantian nama ini merupakan ide pemilik bengkel Acey Sucahyono, karena terinsipirasi dengan viralnya tuduhan bengkel dengan harga selangit. Bagaimana kondisi bengkel saat ini setelah berganti nama?

Acey mengaku kondisi bengkel sampai saat ini masih sepi, imbas dari viralnya bengkel yang dinilai mahal itu. Padahal, harga Rp 600 ribu diaku Acey pantas untuk ongkos press silicon untuk dua ban dan ongkos servis pindah ban. Acey mengaku saat ini penurunan pendapatan selama 5 hari setelah viral turun hingga 80 persen.

"Sepi. Pendapatan kita turun 80 persen. Pendapatan kita tidak ratus (ratusan ribu) tapi sudah puluhan saja," ujarnya kepada detikcom, Rabu (8/7/2020).

Acey mengatakan hal ini berimbas di 3 bengkel lainnya. Dia mengaku semenjak viralnya bengkel dengan harga selangit membuat masyarakat enggan datang ke bengkelnya.

"Ada yang datang hanya foto bengkel kemudian posting ke medsos. Tulisannya menyakitkan. Tambal ban dengan harga termahal di dunia. Sedih saya," kata Acey.

Acey sengaja mengganti nama bengkelnya bukan bermaksud untuk mengundang netizen menghujatnya. Namun sebagai iktiarnya untuk merubah fasilitas dan pelayanan bengkel tambal bannya.

"Bukan untuk mengundang netizen menghujat kami. Tapi kami ingin mengubah pelayanan bengkel. Petugas sudah kami tegur dan wajib memberitahukan harga. Bahkan kita sudah memberikan daftar harga secara gamblang," tegasnya.

Acey memohon kepada netizen yang menghujat bengkel untuk berhenti melabeli bengkelnya dengan harga mahal.

"Press silicon memang mahal. Satu ban kita mematok harga Rp 275 ribu. Kalau di kota besar malah lebih dari itu. Kalau yang diviralkan yang tahu itu kan harga tambal ban Rp 600 ribu. Tidak satu ban tapi dua ban dan servis menggeser ban dari depan ke belakang," pungkasnya.

Sebuah foto kuitansi biaya tambal ban harga selangit di Banyuwangi viral di media sosial. Dalam kuitansi tersebut, tertulis nominal Rp 600 ribu untuk ongkos jasa dan jenis tambal ban.

Foto tersebut viral di WhatsApp Grup (WAG) di Banyuwangi, Sabtu (4/7/2020). Foto tersebut langsung menyebar cepat dan mengundang banyak komentar.

Dalam kuitansi itu tertulis 2 bongkar pasang Rp 50 ribu dan 2 press silicon Rp 550 ribu. Dan juga tertera nama bengkel yang beralamatkan di Jalan dr Soetomo.

Tonton video 'Viral Tambal Ban Rp 600 Ribu, Ini Penjelasan Bengkel dan Konsumen':

(iwd/iwd)