Bengkel Tambal Ban Rp 600 Ribu Kini Pasang Daftar Harga

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 17:31 WIB
viral tambal ban 600 ribu
Daftar harga di bengkel tambal ban Selangit (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Imbas dari viral harga tambal ban yang dinilai mahal, pemilik bengkel tambal ban 'Selangit' membuat daftar harga tambal ban. Daftar harga tersebut dipampang di depan toko. Tidak kecil, tapi daftar harga tersebut dibuat besar dan diletakkan di atas pintu bengkel tersebut.

"Sudah saya pampang daftar harga di atas pintu. Sengaja saya buat besar agar jelas," ujar Acey Sucahyono, pemilik bengkel Selangit, Selasa (7/7/2020).

Acey mengaku pemasangan daftar harga dilakukan hari ini. Ini dilakukan untuk menepis isu bahwa bengkel miliknya sengaja me-markup harga.

"Tidak ada markup harga atau kemahalan. Karena itu memang harga standar yang kita tentukan untuk konsumen," tambahnya.

Pantauan detikcom, daftar harga yang dipampang dengan huruf besar di pintu depan bengkel. Masing-masing jasa dijelaskan secara detail, termasuk harga jasa tambal ban.

Tambal ban 'cacing' (tubless biasa) seharga Rp 25 ribu untuk mobil dan Rp 15 ribu untuk motor. Ada pula untuk tambal ban lunak (ban dalam) untuk mobil Rp 20 ribu dan untuk motor Rp 10 ribu. Sementara untuk yang terbaru, bengkel ban selangit saat ini melayani tambal ban metode cool (press silicon rubber) dengan harga Rp 275 ribu. Harga ini merupakan jasa tambal ban yang viral di media sosial.

Ada lagi tambal ban hot (press silicon tubeless) seharga Rp 185 ribu. Dia juga menambahkan jasa penambalan metode tip top untuk kendaraan roda dua.

"Akhirnya kita pampang semua secara detail. Nanti petugas akan memberikan penjelasan detail juga," pungkasnya.

Sebuah foto kuitansi biaya tambal ban selangit di Banyuwangi viral di media sosial. Dalam kuitansi tersebut, tertulis angka nominal Rp 600 ribu untuk ongkos jasa dan jenis tambal ban.

Foto tersebut viral di WhatsApp group (WAG) di Banyuwangi, Sabtu (4/7/2020). Foto tersebut langsung menyebar cepat dan mengundang banyak komentar.

Dalam kuitansi itu tertulis '2 bongkar pasang Rp 50 ribu dan 2 press silicon Rp 550 ribu'. Juga tertera nama bengkel yang beralamat di Jalan dr Soetomo, Banyuwangi.

Tonton video 'Viral Tambal Ban Rp 600 Ribu, Ini Penjelasan Bengkel dan Konsumen':

(iwd/iwd)