580 Peserta UTBK Unair Rapid Test, 28 Peserta Reaktif

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 16:49 WIB
Universitas Airlangga (Unair)
Kampus UNAIR (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Selama tiga hari pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga (Unair) sudah ada 580 peserta rapid test. Setiap harinya, ditemukan peserta yang reaktif. Total ada 28 peserta reaktif.

Hari pertama, Minggu (5/7) terdapat 200 peserta yang tidak membawa hasil rapid test, lima di antaranya reaktif. Hari kedua, Senin (6/7) ada 251 peserta rapid test, 19 di antaranya reaktif.

Sementara hari ketiga, Selasa (7/7) di sesi pagi terdapat 129 peserta yang tidak membawa hasil pemeriksaan dan dirapid test. Empat di antaranya memiliki hasil reaktif dan sisanya negatif.

"Ada 580 peserta yang rapid test selama 3 hari dan 28 reaktif hingga hari ini. Hari ini, sesi pagi tadi dari 129 yang diperiksa, 4 di antaranya reaktif. Masih pagi ini, siangnya belum. Jadi, total sampai hari ketiga ada 580 peserta yang rapid test dan 28 reaktif," kata Ketua Pusat UTBK Unair Juaidi Khotib, Selasa (7/7/2020).

Untuk peserta yang memiliki hasil reaktif, selanjutnya akan dikoordinasikan dengan satgas COVID-19 di masing-masing daerah asal. Kemudian peserta harus melakukan isolasi mandiri jika tidak memiliki gejala.

"Tampaknya mereka OTG kalau misalkan confirm COVID-19. Berarti mereka harus isolasi mandiri terus kemudian belajar dengan baik, sehingga pada tahap kedua dia bisa mengikuti ujian," jelasnya.

Untuk tes swab, Unair menyerahkan kembali kepada tim satgas daerah asalnya masing-masing. Mereka harus menjaga imunitas tubuh agar hasil swab negatif dan dapat mengikuti ujian.

"Tetap mereka harus melakukan isolasi mandiri, makan yang sehat dengan beberapa multivitamin sehingga ketahanan tubuh baik dan segera publih dan negatif. Dan pada saat itu mereka tetap ada kesempatan untuk mengikuti ujian," pungkasnya.

Tonton video 'Berkerumun Daftar UTBK, Calon Mahasiswa Baru Dinyatakan Reaktif':

(fat/fat)