Massa Gamis Demo Tolak RUU HIP di DPRD Jatim

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 11:35 WIB
demo tolak ruu hip
Pendemo membentangkan spanduk (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Ratusan orang yang tergabung dalam Gerakan Umat Islam Anti Komunis (Gamis) Jatim menggelar aksi di depan DPRD Jatim. Dalam aksinya, massa menyuarakan penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Dari pantuan detikcom, massa memadati Jalan Indrapura depan Kantor DPRD Jatim. Mereka membawa mobil komando untuk melakukan orasi terkait penolakan RUU HIP. Selain itu mereka juga membawa sejumlah poster yang bertuliskan antara lain 'Usut tuntas inisiator RUU HIP/PIP, Batalkan/Cabut RUU HIP dari Prolegnas, Pulangkan TKA China Komunis dari NKRI'.

demo tolak ruu hipDemo mendapatkan penjagaan ketat aparat (Foto: Deny Prastyo Utomo)

Untuk pengamanan, di depan kantor DPRD Jawa Timur dipasang kawat berduri dan juga dijaga personel gabungan TNI dan Polri serta Satpol PP.

"Tolak RUU HIP, Takbir, Takbir Allahu Akbar," kata salah satu orator di atas mobil komando di depan DPRD Jatim, Selasa (7/6/2020).

"Ganyang-ganyang PKI, Ganyang PKI sekarang juga. Takbir, Takbir, Allahu Akbar," teriak para pendemo.

Dalam aksi tolak RUU HIP ini, arus lalu lintas di depan DPRD Jawa Timur tersendat. Karena para pendemo hampir memenuhi lajur jalan. Sedangkan sejumlah perwakilan terlihat masuk melakukan audiensi dengan perwakilan DPRD Jatim.

(iwd/iwd)