Bupati Ponorogo Bantah Pedagang Pasar Balong Positif COVID-19

Charoline Pebrianti - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 10:47 WIB
pasar balong
Pasar Balong (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Pasar Balong Ponorogo masuk dalam daftar 164 pasar di Indonesia yang pedagangnya positif COVID-19 berdasarkan data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi). Namun Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni membantah itu.

Ipong menegaskan rilis Ikappi soal data kasus COVID-19 di Pasar Balong Ponorogo tidak benar. Sebab, selama ini tidak ditemukan pedagang Pasar Balong terkonfirmasi positif COVID-19.

"Memang salah, tidak ada pedagang Pasar Balong terkonfirmasi positif," tutur Bupati Ipong kepada detikcom, Selasa (7/7/2020).

Ipong menjelaskan memang selama ini ada kasus terkonfirmasi positif dari wilayah Kecamatan Balong. Namun hingga sekarang tidak ditemukan pedagang pasar yang terkonfirmasi positif.

"Pasar Balong dipastikan tidak ada yang terkonfirmasi positif, Ikappi harus lebih cermat dalam mengambil data dan informasi," terang Ipong.

Akibat rilis tersebut, kata Ipong, dikhawatirkan masyarakat jadi takut belanja ke Pasar Balong. Ipong mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan silakan berbelanja seperti biasa namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Masyarakat harap tetap tenang, data khusus yang menyangkut Ponorogo itu tidak benar, tidak ada pedagang yang terpapar, silakan berbelanja dengan normal tapi harus perhatikan protokol kesehatan," lanjut Ipong.

Menurut Ipong, jika nanti ada pedagang yang terkonfirmasi positif Satgas COVID-19 bakal mencari tracing. Jika tracing berpotensi penularan tinggi maka bisa kemungkinan menutup pasar tersebut.

"Tapi jika tidak, maka tidak ada penutupan pasar hanya tracing kontak dekat," papar Ipong.

Bahkan, lanjut Ipong, Satgas COVID-19 pernah melakukan rapid test massal di Pasar Legi Songgolangit hasilnya ada 7 pedagang yang reaktif. Saat dilanjutkan dengan test swab hasilnya negatif semua.

"Itu kan bisa saja pas rapid test, reaktif karena influenza," imbuh Ipong.

Pihaknya ke depan juga bakal melengkapi para pedagang dengan face shield. Namun masih menyiapkan regulasi agar tidak salah langkah.

"Ke depan saya bakal kasih satu pedagang satu face shield, tapi ini masih bikin regulasinya," ujar Ipong.

Sebelumnya, Ikappi merilis data pasar salah satunya Pasar Balong Ponorogo masuk kedalam daftar 164 pasar di seluruh Indonesia yang pedagangnya positif Corona.

Tonton video 'WHO: 73 Negara Alami Krisis Obat HIV di Tengah Pandemi COVID-19':

(iwd/iwd)