PWNU Jatim Minta Denny Siregar Tak Generalisir Santri Sebagai Teroris

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 20:46 WIB
Denny Zulfikar Siregar, pegiat media sosial
Denny Siregar/Foto: Screenshoot 20detik
Surabaya -

PWNU Jatim angkat bicara soal pernyataan pegiat media sosial Denny Siregar, yang menyebut 'santri calon teroris' dalam posting-an foto di Facebook. Menurut PWNU Jatim, posting-an itu berbahaya karena menggeneralisir santri sebagai calon teroris.

"Seperti itu tidak boleh. Itu berbahaya ke depan. Yang pertama itu akan menggeneralisir bahwa santri itu akan menjadi teroris. Padahal pesantren itu pendidikan yang paling kuno (lama) di Indonesia," kata Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Safruddin Syarif kepada detikcom, Senin (6/7/2020).

"Oleh karena itu hal-hal seperti ini sangat berbahaya karena akan menimbulkan satu image general bahwa santri itu calon teroris. Padahal di pondok-pondok pesantren mayoritas di Indonesia yang diajarkan adalah nasionalisme," imbuhnya.


Meski begitu, ia tidak menutup mata bahwa ada pesantren yang mengajarkan teror. Namun jumlahnya sedikit sekali.

"Memang, kita tidak menutup mata hasil dari kajiannya BIN (Badan Intelijen Negara) ada satu dua pesantren yang mempersiapkan seperti itu. Tetapi itu persentasinya sangat kecil sekali," beber Safruddin.

Safruddin juga sependapat dengan adanya tuntutan hukum bagi yang merasa dirugikan oleh posting-an Denny Siregar. Karena memang tidak semua orang terima jika anaknya dikonotasikan sebagai teroris.

Selanjutnya
Halaman
1 2