Jenazah Ditemukan di Jalur Pendakian Gunung Lawu, Pendaki yang Hilang?

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 17:40 WIB
Asper Lawu Selatan KPH Lawu Marwoto
Asper Lawu Selatan KPH Lawu Marwoto (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan -

Tim SAR menerima informasi adanya temuan jenazah di Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Jenazah itu ditemukan oleh relawan di jalur pendakian.

"Betul tadi dapat laporan lewat HT kalau ada temuan jenazah di jalur pendakian," ujar Asper Lawu Selatan KPH Lawu, Marwoto, kepada detikcom di Cemoro Sewu, Senin (6/7/2020).

Atas temuan jenazah itu, kata Marwoto, pihaknya belum bisa memastikan apakah jenazah tersebut merupakan korban pendaki yang dilaporkan hilang. Jenazah yang ditemukan itu, lanjut Marwoto, berjenis kelamin pria.

"Tapi kami belum yakin itu adalah jenazah korban yang dilaporkan pendaki hilang. Kami masih lakukan cross check untuk cocokkan foto dulu," kata Marwoto.

Marwoto mengatakan saat ini tim relawan masih melakukan penyisiran atas hilangnya pendaki atas nama Andi Sulis Setiawan (18), warga Dukuh Sepelem Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar Jateng.

"Kami masih lakukan pencarian dan semoga jenazah itu bukan pendaki yang dilaporkan hilang," tandanya.

Andi, diketahui mendaki ke puncak Lawu bersama kelima temannya berangkat pada Sabtu (4/7) sore. Saat ini lima pendaki sudah turun dan telah beristirahat di Pos Satlak Cemoro Sewu dan menunggu jemputan keluarga.

Tim relawan sekitar 10 orang telah naik untuk melakukan pencarian.

"Kami sudah terjunkan tim untuk pencarian baik relawan dan BPBD juga polisi," tandasnya.

Data yang dihimpun detikcom, kelima pendaki yang sudah turun merupakan warga Karanganyar Jateng yakni Nurhayati (17), warga Urukan Kecamatan Karangpandan; Erfan Hermanto (22), warga Kelurahan Kemuning; Fajar Nurhadi (19), warga Desa Telobo, Kecamatan Ngargoyoso; Muhammad Tri Danu Mahardika (17), Desa Krapyak Kecamatan Matesih; dan Tegar Eka Prasetya (16), warga Desa Karangpandan.

Tonton video '5 Pendaki yang Hilang di Hutan Saluro Ditemukan':

(iwd/iwd)