Hujan Saat Musim Panas, BMKG Juanda Sebut karena Gangguan Gelombang Rossby

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 17:32 WIB
bmkg juanda
Foto: Istimewa
Surabaya -

Kendati telah memasuki musim panas, sejumlah wilayah di Jawa Timur terpantau mengalami hujan. BMKG Juanda Surabaya mencatat ada suatu hal yang menyebabkan terjadinya hujan di sejumlah wilayah.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan ada gangguan dari gelombang rossby yang terjadi. Hal ini yang menyebabkan terjadi peningkatan curah hujan.

Dari data yang dihimpun detikcom, hujan ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi di hampir seluruh wilayah Jatim.

"Ada gangguan gelombang Rossby di equator. Dampaknya kurang lebih adanya peningkatan curah hujan di wilayah Jawa Timur, walau tidak stay atau tidak merata kejadiannya," ungkap Teguh kepada detikcom di Surabaya, Senin (6/7/2020).

Teguh menambahkan gangguan dari gelombang ini tak berlangsung lama. Dia menyebut dampak turunnya hujan di prakirakan hingga tanggal 9 Juli.

"Gangguan ini sifatnya periodik saja dato tanggal 6 sampai 9 juli 2020," imbuhnya.

Sementara itu, untuk suhu udara berkisar di 14 hingga 34 derajat Celcius. Sedangkan kelembaban udara berada di angka 50 hingga 100%. Untuk arah angin dominan dari Timur hingga Tenggara dengan kecepatan 05-40 km/jam.

Tonton video 'Jokowi: Prediksi BMKG, 30% Wilayah Akan Alami Kemarau Lebih Kering':

(hil/fat)