Yang Tak Hadir dalam UTBK UB Hari Pertama Dianggap Mengundurkan Diri

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 15:31 WIB
Empat persen dari 1.090 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tak hadir di Universitas Brawijaya (UB) pada hari pertama. Mereka diangap mengundurkan diri.
UTBK di Universitas Brawijaya/Foto: Muhammad Aminudin
Malang -

Empat persen dari 1.090 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tak hadir di Universitas Brawijaya (UB) pada hari pertama. Mereka dianggap mengundurkan diri.

Informasi terkait UTBK, lokasi ujian, dan lain-lain dapat diakses melalui https://selma.ub.ac.id. Berdasarkan data panitia UTBK, sebanyak 4 persen peserta tak hadir pada UTBK hari pertama di UB, Minggu (5/7).

"Yang tidak hadir di hari pertama kita anggap mengundurkan diri. Jumlahnya 4 persen dari total peserta UTBK di UB yaitu sebanyak 1.090 orang," kata Kepala Bagian Humas UB, Kotok Guritno, Senin (6/7/2020).


UTBK di UB digelar dengan protokol kesehatan ketat. Ada 19.859 orang yang mendaftar UTBK di UB. Sebanyak 56 ruang laboratorium disiapkan untuk ujian. Kemudian ada 1.090 komputer yang terbagi ke dalam 17 lokasi di lingkungan kampus.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, panitia telah mengatur jarak aman antarpeserta ujian. Jarak antarkomputer diatur 1,5 meter sehingga ruang lab yang semestinya terisi 20 komputer hanya dipakai 10 komputer.

Untuk mengawasi jalannya ujian, UB menugaskan 900 orang pengawas secara bergantian dalam pelaksanaan UTBK mulai 5-14 Juli 2020. Untuk memastikan bahwa panitia dan pengawas aman dari COVID-19, UB bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan mengadakan rapid test bagi 1.000 pengawas dan panitia pada 2-3 Juli lalu.

Masing-masing ruangan, komputer dan fasilitas yang akan dipakai ujian disterilkan dengan desinfektan untuk memastikan bahwa fasilitas yang akan dipakai peserta ujian aman dan steril.

Selanjutnya
Halaman
1 2