3 Bulan Ditutup karena COVID-19, Wisata Bahari Lamongan Dibuka 11 Juli

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 14:58 WIB
Wisata Bahari Lamongan Dibuka Lagi
Pantai Kutang terapkan new normal (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Setelah ditutup selama 3 bulan karena COVID-19, Wisata Bahari Lamongan (WBL) akan dibuka kembali. Tempat wisata di Kecamatan Paciran ini dibuka kembali 11 Juli.

Salah satu Direktur Wisata Bahari Lamongan (WBL) Aris Wibawa membenarkan jika WBL akan segera beroperasi. Salah satu ikon wisata Lamongan ini tidak dibuka keseluruhan, tapi hanya sebagian saja yang diperasikan.

"Dari sebanyak 43 wahana wisata yang tersedia, hanya separuh yang akan dioperasionalkan," kata Aris Wibawa kepada wartawan, Senin (6/7/2020).

Selain membatasi jumlah wahana yang dibuka, tambah dia, karyawan yang akan dipekerjakan juga dibatasi. Dari sekitar 550 karyawan, akan dibagi menjadi dua. Mereka masuk secara bergantian dan menerapkan kerja satu hari, satu hari libur.

"Adapun wahana wisata yang akan beroperasi sementara yang dinilai yang menjadi favorit kunjungan lebih dulu. Secara bertahap, lambat laun akan dibuka setelah dievaluasi," terangnya.

Aris menambahkan, untuk jumlah kunjungan wisatawan juga ada pembatasan. Hal ini dilakukan demi pencegahan dan keselamatan pengunjung dari ancaman sebaran COVID-19. Pengawasan terhadap pengunjung, juga akan dilakukan secara ketat.

Setiap pengunjung diwajibkan memakai masker, cuci tangan di sejumlah tempat fasilitas yang sebelumnya sudah disediakan, termasuk juga kewajiban menjalani tes suhu tubuh saat pengunjung memasuki atau antre di loket pembelian tiket masuk.

"Semuanya diatur dengan mematuhi aturan protokoler kesehatan. Termasuk karyawan, selama bekerja mereka menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, terutama sarung tangan dan pelinding wajah. Setiap wahana yang dibuka, setiap hari juga disemprot disinfektan," imbuhnya.

Sebelum WBL dibuka pada 11 Juli nanti, Pantai Kutang, tempat wisata pantai lainnya di Lamongan juga sudah terlebih dulu dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pantai Kutang memutuskan untuk kembali buka setelah mendapatkan lampu hijau dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum dibuka kemarin sudah disurvei oleh pihak kecamatan terkait dengan persiapan protokoler dan akhirnya diperbolehkan untuk dibuka," kata Ketua Unit Pantai Kutang, Ronal Azis.

Hanya saja, kata Ronal, sejak dibuka 1 Juli lalu tingkat kedatangan pengunjung wisataPantai Kutang Lamongan belum begitu maksimal. "Masih nggak begitu banyak, sekitar 100 sampai 200-an lah. Wajar, karena baru beberapa hari buka, mungkin belum banyak yang tahu kalau sudah buka," pungkas Ronal.

(fat/fat)