Unair Siapkan 7.000 Alat Rapid Test untuk Peserta Selama UTBK

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 14:47 WIB
utbk unair
Peserta UTBK rapid test di Unair (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengaku telah menyiapkan sekitar 7.000 rapid test bagi para peserta selama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Fasilitas rapid test tersebut akan diberikan secara gratis bagi peserta yang belum melakukannya.

"Sudah ada 6.500-7.000 rapid test kit," ungkap Rektor Unair M Nasih saat ditemui di Airlangga Convention Center, Minggu (5/7/2020).

Nasih melanjutkan pada pelaksanaan UTBK hari pertama ini, pihaknya telah melayani rapid test sekitar 60 peserta. Unair sendiri menyediakan layanan rapid test di dua lokasi yakni di kampus B dan C dengan kuota 100 sampai 200 layanan.

"Kalau per hari bisa 100-200 peserta, kami (optimis) bisa melayani UTBK ini," ujar Nasih.

Saat ditanya bagaimana dengan yang hasilnya reaktif? Nasih menyebut harus dilanjutkan dengan tes swab dan masih bisa mengikuti di sesi berikutnya. Namun jika terkonfirmasi positif, maka peserta dinyatakan tidak bisa mengikuti UTBK.

"Kalau hasil swab PCR negatif bisa ikut ujian di sesi berikutnya, sepanjang masih ada waktu. Kalau positif (COVID-19), dinyatakan sakit tidak bisa ikut UTBK (harus penyembuhan)," tegas Nasih.

Menurut Nasih, dalam pelaksanaan UTBK pada hari pertama, peserta dengan hasil rapid test reaktif belum ditemukan.

"Sampai saat ini belum ada laporan reaktif sebab saat ini masih berjalan (UTBK)," tandasnya.

Tonton video 'Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri':

(iwd/iwd)