Truk Tabrak Baliho Bikin Listrik Padam di Ponorogo, 4.300 Warga Terdampak

Charoline Pebrianti - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 12:12 WIB
truk tabrak baliho
Truk tabrak baliho (Foto: Istimewa)
Ponorogo -

Sebuah truk bermuatan pupuk menabrak tiang baliho di Jalan Raya Ponorogo - Madiun, tepatnya di depan Terminal Seloaji Ponorogo. Akibat kejadian ini, baliho mengenai aliran kabel listrik milik PLN sehingga menyebabkan listrik padam di sejumlah wilayah di bumi reog.

"Total ada 4.300 pelanggan atau ada 17 gardu atau trafo yang terganggu penyaluran listrik," tutur Manager UP3 Ponorogo Redi Zusanto kepada detikcom, Sabtu (4/7/2020).

Wilayah terdampak, lanjut Redi, meliputi Jalan Arief Rahman Hakim, Desa Cekok, Desa Polorejo, Desa Ngunut, Desa Danang, Desa Kedungbanteng dan Kecamatan Sampung Sebagian.

"Untuk pengamanan baliho yang mengenai jaringan, kami padamkan terlebih dahulu, mulai pukul 09.45 WIB hingga pukul 12.00 WIB," terang Redi.

Redi pun mengimbau kepada para pengendara untuk berhati-hati saat mengemudi. Terutama kejadian kecelakaan seperti ini bisa mengakibatkan putusnya aliran listrik.

"Ini kan kecelakaan mobil menabrak baliho sehingga bagian balihonya menyentuh kabel listrik PLN, himbauannya masyarakat tetap hati-hati saat beraktivitas disekitaran kabel/tiang listrik, karena keselamatan menjadi konsen kita bersama. Bila ragu agar bisa minta pengamanan atau pendampingan teman2 PLN, bisa hubungi call center 123 atau hubungi kantor PLN terdekat," tandas Redi.

Tonton juga 'Pecah Ban dan Tabrak Tiang, Truk Pembawa Elpiji Terguling di Mamasa!':

[Gambas:Video 20detik]

Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Indra Budi Wibowo menjelaskan sekitar pukul 09.15 WIB, kendaraan truck fuso bernopol K 1442 JM dengan muatan pupuk seberat 16 ton yang dikemudikan oleh Dimin datang dari arah selatan ke utara kecepatan sekitar 50 km/jam.

"Saat di lokasi, truk mengalami rem blong berjalan ke kiri terjadi menabrak tiang baliho di dan pohon di bahu jalan di sebelah barat," pungkas Indra.

(iwd/iwd)