Sebuah Mobil di Jember Terbakar usai Isi BBM

Yakub Mulyono - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 09:42 WIB
mobil terbakar di jember
Mobil yang terbakar usai mengisi BBM (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

Sebuah mobil Daihatsu Hijet terbakar usai mengisi BBM di SPBU Desa Keting, Kecamatan Jombang. Mobil terbakar saat diparkir di tepi jalan.

Pemilik mobil Saipul Bahri (45) mengatakan saat itu mobilnya dibawa rekannya. "Saya kaget waktu itu. (saat kejadian) saya lagi di warung kopi mas, mobil saya waktu itu dibawa teman saya bernama Nanang. Habis keluar dari SPBU Keting lalu parkir di dekat jalan raya tepatnya di timur bakso sabar tiba tiba terbakar," ujar Saiful, Sabtu (4/7/2020).

Pria warga Dusun Krai Sentono, Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang itu mengatakan, mobilnya terbakar diduga karena ada tumpahan BBM saat keluar dari SPBU.

mobil terbakar di jemberKondisi mobil setelah terbakar (Foto: Yakub Mulyono)

"Mungkin karena terlalu penuh, tumpahannya itu menyambar percikan api saat mobil berjalan. Akhirnya terjadi kebakaran," katanya.

Dibantu warga, mobil tersebut dipadamkan dengan alat bantu seadanya. "Dipadamkan pakai ember, botol aqua (air mineral) seadanya. Lumayan 2 jam baru padam," kata Siswono salah seorang warga.

Diduga mobil yang terbakar itu, tangki BBM-nya telah dimodifikasi. "Karena sering mobil-mobil antre di sini untuk kulakan (membeli dalam jumlah besar) bensin (BBM) dengan memodifikasi tangkinya. Bisa jadi itu penyebabnya," ujar Siswono.

Pemilik mobil Saipul Bahri (45) mengakui jika mobilnya menggunakan tangki modifikasi. Mobil minibus milik warga Dusun Krai Sentono, Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang itu, disewakan bagi orang yang mau membeli BBM dalam jumlah banyak.

"Tangkinya mobil saya itu muat untuk 210 liter bensin (BBM). Saya waktu beli dulu (mobil minibus itu) Rp 20 juta," kata Saipul.

"Biayanya (sewanya) Rp 100 ribu. Kebanyakan disewa orang sekitaran Desa Keting, kalau ada yang mau kulakan (membeli dalam jumlah banyak) bensin premium," katanya.

Saat kejadian itu, tambah Saiful, mobil sedang disewa orang. Mobil terbakar usai mengisi premium.

Peristiwa itu sempat menyebabkan kemacetan lalu lintas dari dua arah sepanjang 3 kilometer di jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Jember - Lumajang. Untuk mengurai lalu lintas petugas dari Mapolsek Jombang menerapkan aturan tutup buka arus lalu lintas hingga akhirnya arus kembali lancar.

(iwd/iwd)