3 Jalan di Surabaya Ditutup, Polisi Sterilkan Lokasi dari Kerumunan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 22:23 WIB
Jalan tunjungan ditutup
Jalan Tunjungan ditutup (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Mulai malam ini tiga ruas jalan di Surabaya ditutup. Penutupan jalan untuk kawasan physcal distancing itu berlaku untuk Jalan Tunjungan, Jalan Darmo, dan Jalan Pandegiling.

Dari pantuan detikcom di Jalan Tunjungan, sejumlah water barrier dipasang begitu jam sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Water barrier dipasang di perempatan gedung Siola dan ruas jalan perbatasan Jalan Gubernur Suryo.

Warga yang hendak melintas dihalau dan diarahkan menuju ke jalan lain. Polisi juga melakukan sterilisasi warga yang berada dan berkerumun di kawasan jalan yang ditutup.

"Kami informasikan kepada warga Kota Surabaya mulai malam ini tanggal 3 hingga tanggal 9 Juli diberlakukan kawasan physical distancing di tiga ruas jalan Kota Surabaya, pertama di Jalan Tunjungan, Jalan Darmo, dan Jalan Pandegiling," kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra kepada wartawan di lokasi, Jumat (3/7/2020).

Jalan tunjungan ditutupJalan Tunjungan ditutup (Foto: Deny Prastyo Utomo)

Teddy menjelaskan untuk jam operasional penutupan jalan sendiri dimulai pukul 21.00 hingga pukul 05.00 WIB. Sedangkan khusus hari Minggu akan diberlakukan hingga pukul 12.00 WIB.

Teddy menyampaikan alasan dipilihnya tiga ruas jalan tersebut, ialah berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihak kepolisian yakni tiga kawasan tersebut menjadi kawasan padat aktivitas dan mobilitas masyarakat.

"Ini dilakukan karena masih masa pandemi. Jadi ini salah satu upaya meminimalisir penyebaran COVID-19," ungkap Teddy.

Selama 7 hari ditutupnya tiga ruas jalan tersebut, kata Teddy, agar masyarakat tertib dan patuh terhadap protokol kesehatan di tengah masa pandemi yang masih berlangsung.

"Diharapkan agar masyarakat selalu taat dan patuh terkait imbauan tersebut, salah satunya terkait jaga jarak, rajin cuci tangan dan memakai masker," ungkap Teddy.

Nantinya jika ada yang nekat ada yang melintas dan melanggar melalui Jalan-jalan tikus, kepolisian bersama dengan jajaran Pemkot Surabaya dan TNI akan melakukan tindakan secara humanis.

(iwd/iwd)