Tempat Ibadah dan Wisata Religi Mulai Dibuka, Ini Aturan New Normal di Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 14:59 WIB
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni
Bupati Ipong (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Aturan new normal mulai diterapkan per sektor di Kabupaten Ponorogo. Seperti tempat ibadah dan lokasi wisata religi.

"Untuk kegiatan ibadah di masjid, musala, gereja sudah bisa menyelenggarakannya dengan normal tapi dengan cara new normal," tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada wartawan, Jumat (3/7/2020).

Ipong menjelaskan sekitar tiga bulan lalu, pihaknya membuat surat yang isinya masjid yang berlokasi di pinggir jalan untuk sementara tidak melaksanakan salat Jumat karena saat itu tingkat kerawanannya tinggi.

"Maka dengan diterapkan new normal mulai hari ini, larangan tersebut dicabut. Jadi sudah boleh ibadah lagi tapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak," terang Ipong.

Namun, lanjut Ipong, setiap tempat ibadah hanya boleh diisi 60 persen dari kapasitas masing-masing tempat. Pun juga harus ditunjuk satu orang satgas COVID-19.

"Di masing-masing tempat ibadah harus ditunjuk satu orang satgas COVID-19," papar Ipong.

Ipong menambahkan untuk tempat wisata religi pun sama harus tetap mematuhi protokol kesehatan. "Kita juga hari ini mulai menerapkan new normal di tempat religi," imbuh Ipong.

Disinggung soal penerapan new normal, lanjut Ipong, sebenarnya penerapan New Normal keseluruhan perlu persetujuan dari Gugus Tugas Pusat. Namun sesuai arahan Presiden Jokowi saat video conference terakhir, kepala daerah boleh menerapkan new normal pada sektor yang dianggap penting serta tidak membahayakan.

"Penerapan New Normal ini bisa dicabut apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan dalam pelaksanaannya," pungkas Ipong.

(fat/fat)