Angka Kecelakaan di Jatim Turun Hingga 15 Persen Sejak Pandemi Corona

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 11:43 WIB
Dirlantas Polda Jatim Kombes Budi Indra Dermawan
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Angka kecelakaan di Jawa Timur turun hingga 15% dari tahun lalu. Penurunan ini dipengaruhi berbagai hal. Salah satunya dari kegiatan di rumah saja atau Work From Home (WFH) yang dilakukan masyarakat saat pandemi COVID-19.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Budi Indra Dermawan mengatakan kecelakaan di Jatim ini menurun hingga 15 persen. Budi menyebut selain karena mobilitas masyarakat turun, banyak masyarakat yang lebih patuh dan tertib di jalanan, terlebih saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) beberapa waktu lalu.

"Kalau selama pandemi COVID-19, ada penurunan jumlah kasus laka lantas dibanding tahun lalu. Penurunannya mencapai 15 persen," kata Budi kepada detikcom di Surabaya, Jumat (3/7/2020).

"Bukan karena COVID-19 saja tapi turunnya juga karena tingkat kesadaran masyarakat mulai tinggi di awal-awal sebelum pandemi COVID-19. Ini di awal tahun kemarin juga sudah ada penurunan kecelakaan lalu lintas, apalagi ada pandemi dan PSBB diberlakukan dan masyarakat lebih tertib lagi," imbuhnya.

Dari data yang tercatat selama 1 Januari hingga 2 Juli 2020, Budi menyebut ada 10.679 kecelakaan yang terjadi. Data ini menurun dibanding tahun lalu.

"Data tersebut rinciannya 1.965 orang meninggal dunia, 207 orang luka berat, 13.782 orang luka ringan. Serta kerugian materi sebanyak Rp 11 Miliar," ungkap Budi.

Selanjutnya
Halaman
1 2