Saat UTBK Unair, Peserta Harus Bawa Surat Keterangan Negatif COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 21:14 WIB
Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

Saat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Unair, peserta harus membawa surat keterangan negatif COVID-19. Bisa hasil rapid test yang nonreaktif atau hasil tes swab yang negatif.

Hari ini beredar surat edaran (SE) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini perihal syarat UTBK, yang akan digelar di empat perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya.

Salah satu poin yang disebutkan dalam SE tersebut yakni mewajibkan seluruh peserta UTBK menunjukkan hasil nonreaktif rapid test, atau swab test dengan hasil negatif, yang dikeluarkan selambat-lambatnya 14 hari sebelum mengikuti ujian.


Soal SE itu dibenarkan oleh Ketua Pusat UTBK Unair Junaidi Khotib. Menurutnya, aturan ini merupakan arahan langsung dari Wali Kota Surabaya. Sebab, kondisi Surabaya yang masih zona merah dan angka penularan belum menunjukkan penurunan. Maka menunjukkan hasil negatif COVID-19 atau nonreaktif rapid test dirasa perlu.

"Pusat UTBK Unair (bersama seluruh Pusat UTBK di Surabaya) akan mengikuti rekomendasi Wali Kota Surabaya. Pada butir kedua itu hasil rapid test nonreaktif atau hasil swab PCR negatif. Jadi salah satu saja, tidak harus keduanya, minimum rapid test," jelas Junaidi, Kamis (2/7/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2