Operator Tambang Emas Banyuwangi Gelontorkan Rp 3 Miliar Tangani COVID-19

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 16:34 WIB
sekda prov jatim
Foto: Istimewa
Surabaya -

Operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi PT Bumi Suksesindo (BSI) menggelontorkan anggaran lebih dari Rp 3 miliar untuk penanganan COVID-19. Bantuan tersebut disalurkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Propinsi Jawa Timur dan Banyuwangi.

Penyerahan bantuan PT BSI ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Propinsi Jawa Timur di Gedung Grahadi, Surabaya Rabu (1/7/2020). Bantuan PT BSI tersebut diterima langsung oleh Ketua BPBD Provinsi Jatim Subhan Wahyudiono dan Setda Provinsi Jatim Heru Tjahyono serta didampingi oleh Kepala Dinas ESDM Setiajit.

Bentuk bantuan yang diberikan diantaranya dua ventilator dan ribuan APD berupa disposable gloves, masker, thermo-gun dan isolation gown dengan penutup kepala.

"Saya mewakili pemerintah Jawa Timur menerima bantuan dari PT BSI ini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk korban di Jawa Timur yang terdampak Covid-19," kata Subhan Wahyudiono kepada wartawan.

Provinsi Jawa Timur mengapresiasi penuh partisipasi dunia usaha seperti PT BSI melalui benegaia program bantuan dan termasuk CSR-nya. "Tentu ini sangat membantu penanganan COVID-19 di Jawa Timur," pungkasnya.

Direktur PT BSI, Cahyono Seto membenarkan bahwa bantuan sebesar Rp 3 miliar sudah tersalurkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi dan Provinsi Jatim. Penyerahan bantuan dilakukan secara bertahap. Sementara pengadaan APD ini turut difasilitasi Kementerian Pertahanan (KemHan) Republik Indonesia.

Cahyono Seto menambahkan, saat ini pihaknya sudah menyalurkan 4 ventilator dan ribuan APD di Jawa Timur. Di ventilator diserahkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dan dua lagi diserahkan ke Banyuwangi.

"Ada empat ventilator yang kita berikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi dan Jawa Timur. Selain itu ada rapid test, masker, APD Hazmat, tandon air cuci tangan dan masih banyak lagi. Total sekitar Rp 3 miliar," ujarnya kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Sampai 30 Juni 2020, PT BSI tercatat sudah menyalurkan bantuan sebesar lebih Rp 3 miliar dalam bentuk ventilator, alat rapid test, tandon cuci tangan portable, sabun cuci tangan, hand sanitizer, masker kain, masker N95, thermogun, sarung tangan karet, sarung tangan lateks, sarung tangan karet panjang, pelindung wajah, baju hazmat, sepatu boot karet, serta paket sembako.

Dukungan PT BSI khususnya dan PT Merdeka Copper Gold (MCG) umumnya terhadap Pemprov Jawa Timur diimplementasikan dalam berbagai bentuk, termasuk menerapkan panduan, protokol, dan standard operation procedure (SOP) penanganan dan penanggulangan penyebaran COVID-19 tidak hanya di operasi bisnis perusahaan tetapi juga hingga di keseharian seluruh jajaran manajemen dan karyawan/staf/pekerja.

"Kami berharap dukungan kami dapat meningkatkan kesiagaan Provinsi Jawa Timur dalam menangani Covid-19 ini," katanya.

Sampai saat ini, di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi kegiatan pembagian masker dan paket sembako kepada masyarakat masih terus berlanjut. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 PT BSI bekerja sama dengan relawan yang ada di Pesanggaran.

"Ada dua Posko Covid-19 yang hingga hari ini masih beroperasi memberikan bantuan dan edukasi kepada masyarakat," kata Seto.

BSI dalam penanggulangan COVID-19 juga diterapkan di lingkungan kerjanya di dalam site. Dalam seluruh kegiatan operasinya, senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan kerja yang ketat dan saksama: memeriksa suhu dan disinfektan setiap pengunjung, melakukan karantina 14 hari bagi karyawan yang datang dari luar Banyuwangi.

Setelahnya, yang bersangkutan baru boleh aktif bekerja setelah mendapatkan surat keterangan sehat, memeriksa suhu tubuh setiap hari, mewajibkan pemakaian masker, menyemprotkan disinfektan secara rutin, menerapkan penjarakan fisik, hingga menutup kunjungan dalam jumlah besar ke area site atau mine tour.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada PT BSI yang telah peduli dengan penanganan COVID-19 di Banyuwangi dan Jawa Timur. Kontribusi pengusaha dan pihak ketiga sangat membantu menangani COVID-19 ini.

"Atas nama Bupati saya ucapkan terima kasih kepada pengusaha dan investor yang telah membantu pemerintahan daerah. Tentu kita bergandengan tangan mengatasi pandemi COVID 19 ini. Tentu manfaat adanya PT BSI ini tak hanya bisa dirasakan oleh masyarakat Banyuwangi, namun juga lingkup Jawa Timur," ujarnya.

(fat/fat)