Wisata Gunung Bromo Dibuka di Tengah Pandemi Tunggu Keputusan Empat Bupati

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 11:03 WIB
Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) John Kennedie
Kepala BB-TNBTS John Kennedie (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Wisata Gunung Bromo di tengah pandemi Corona mulai dibahas. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyebut pembukaan menunggu keputusan masing-masing bupati di empat kabupaten.

Kepala BB TNBTSB John Kennedie mengatakan, pembukaan akses wisata Gunung Bromo masih menunggu kesiapan empat daerah yang ada di sekeliling taman nasional.

Mengingat empat kabupaten yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Pasuruan, tak ada yang berstatus zona hijau COVID-19.

"Dari empat kabupaten belum ada yang masuk zona hijau COVID-19. Jadi, fluktuatif sekali zona ini, kita menunggu rekomendasi dari empat bupati, kalo kuning oke. Tapi karena saya tutup dasarnya adalah rekomendasi dari Bupati, nanti kita buka, juga rekomendasi dari empat bupati," tutur John usai rapat koordinasi pada Kamis (2/7/2020).

Menurut John, pihaknya tak mau mencampuri keputusan masing-masing empat daerah dalam membuka wilayahnya untuk menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Mengingat bila daerah tersebut merupakan zona oranye dan merah akan berisiko jika akses wisata dibuka.

Tonton video 'Menteri LHK: 29 Taman Nasional dan Wisata Alam Dibuka Bertahap':

Selanjutnya
Halaman
1 2