Keren, Pasien COVID-19 di Blitar Tuntaskan Disertasi di Balik Ruang Isolasi

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 08:27 WIB
Pasien Sembuh Dari Corona, Berhasil Selesaikan Disertasi Doktor Dibalik Ruang Isolasi
Pasien sembuh dari Corona selesaikan disertasi (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Semangat tak pantang menyerah dilakukan Syaikhul Munib. Pasien pertama dinyatakan sembuh dari Corona ini, berhasil menyelesaikan disertasi doktornya di balik ruang isolasi.

Pada April 2018, Munib mengajukan proposal disertasi program pascasarjana S3 di IAIN Tulungagung. Pada program studi Manajemen Pendidikan Islam, dengan judul "Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Berprestasi (Studi Multikasus pada MAN Ma'arif NU Kota Blitar)".

Kasi Haji Kemenag Kabupaten Blitar ini kemudian berangkat diklat petugas calon haji di Asrama Haji Sukolilo pada 8 Maret. Namun pada 15 Maret, dirinya mulai merasakan demam dan bisa diatasi dengan obat penurun panas. Lalu, pada 18 Maret, Munib dan peserta pelatihan lainnya pulang ke daerahnya masing-masing.

Kemudian pada 21 Maret, warga Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo Kota Blitar ini mengalami demam lagi. Saat memeriksakan diri ke rumah sakit ternyata terdeteksi pneumonia dan penurunan trombosit. Hasil tes swabnya diterima pada 24 Maret yang menyatakan terkonfirmasi positif Corona.

"Padahal cek plagiasi itu selesai tanggal 7 Maret, lalu diproses untuk penyelarasan bahasa di kampus. Jadi saya dapat kiriman draft revisi itu ketika di dalam ruang isolasi," tutur Munib kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Saat menerima draft revisi itu, Munib berpikir dirinya harus bisa menyelesaikan tugas tahun ini juga. Karena perjalanan menempuh kuliah S3 selama empat tahun, dirasanya terlalu panjang dan lama.

"Akhirnya, saya fokus mengerjakan revisi itu dengan menggunakan handphone. Sambil berbaring, saya mencatat revisian, sambil terus menerima data dari kampus. Harus saya paksa," tandasnya.

Tonton juga video 'Pasien Corona Meninggal Hari Ini Catat Rekor Terbanyak':

Selanjutnya
Halaman
1 2