Ulama Sarankan Risma Tak Sujud Saat Minta Maaf, Cukup Bersalaman

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 17:57 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sujud sambil menangis di hadapan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Bahkan, Risma sampai dua kali sujud.
Wali Kota Risma dibangunkan dari sujud. (Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kerap bersujud saat mengekspresikan rasa terima kasih atau permohonan maaf kepada seseorang. Kini wali kota dua periode itu mendapat saran agar tidak melakukannya lagi.

"Jadi menurut saya, berlebihan apa yang dilakukan oleh Bu Risma. Tetapi saya melihat beliau itu spontanitas. Memang orangnya emosional. Kan itu (sujud) sering tidak satu kali ini saja," ujar Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Safruddin Syarif kepada detikcom, Selasa (30/6/2020).


Karena itu, Safruddin kemudian mengusulkan agar aksi yang kerap dilakukan wali kota perempuan pertama Surabaya itu tidak dilakukan lagi. Sebab, menjabat atau mencium tangan saja sudah cukup.

"Saya ingin mengungkapkan, sebaiknya tidak dilakukan lagi. Ya mohon maaf seperti biasanya cukup bersalaman, mencium tangannya, bisa seperti itu kalau memang mau melakukan mohon maaf," terang Safruddin.

Tonton video 'Risma Sujud ke IDI, dr Sudarsono Beri Penjelasan':


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2