Tiga Momen Saat Wali Kota Risma Sujud dan Menangis

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 17:42 WIB
wali kota risma sujud
Wali Kota Risma sujud di depan IDI (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Sujud dan nangis-nangis yang dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di hadapan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya, tidak dilakukan pertama kali. Selama dua periode menjabat, Wali Kota Risma melakukan sujud sebanyak tiga kali.

Itu terjadi di momen berbeda. Yakni tahun 2018, Januari 2020 dan terakhir Senin, 29 Juni 2020. Sujud yang dilakukan terakhir meminta maaf dan memohon agar warganya ikut dirawat di RSU dr Soetomo Surabaya.

Berikut tiga momen Risma sujud hingga menangis:

1. Sujud di hadapan takmir masjid se-Surabaya yang dikumpulkan pasca insiden bom gereja 2018
Pada 16 Mei 2018 di Gedung Wanita, Jalan Kalibokor, Surabaya Wali Kota Risma sujud dan meminta maaf ke salah satu takmir masjid. Pasalnya, undangan untuk takmir berisi perihal 'Pembinaan Takmir Masjid Seluruh Surabaya', diprotes.

Saat itu, seorang takmir masjid memprotes apakah ada yang salah dengan yang dilakukan selama ini hingga perlu dibina. Namun Risma segera turun dan tiba-tiba langsung menghampiri takmir tersebut, untuk bersujud dan meminta maaf.

"Saya minta maaf karena undangan itu mendadak. Situasi Surabaya seperti ini," ucap Risma yang suaranya nyaris hilang.

2. Sujud dan menangis di depan pengusaha Surabaya
Momen kedua sujud dan menangis dilakukan Wali Kota Risma di depan pengusaha Surabaya, di Balai Kota Surabaya, 2 Januari 2020. Saat itu Pemkot Surabaya menerima bantuan beasiswa magang dari Grup Astra Surabaya.

Alasan Wali Kota Risma menangis hingga sujud karena mendapat bantuan yang diperuntukkan untuk 300 anak putus sekolah. Risma tak bisa membendung air matanya saat berpidato di hadapan anak Surabaya yang rata-rata lulusan SMP.

Tonton video 'Risma Sujud ke IDI, dr Sudarsono Beri Penjelasan':

Selanjutnya
Halaman
1 2