Bawaslu RI Harap Tidak Terulang Calon Tunggal di Pilbup Blitar

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 13:34 WIB
Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi menyebut, pasangan petahana Rijanto-Marhaenis mendapatkan rekom dari DPP. Bawaslu RI berharap, munculnya nama itu tidak membuat Pilbup Blitar kembali digelar dengan calon tunggal.
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar/Foto: Erliana Riady

"Bawaslu sebagai pengawal tegaknya demokrasi akan tetap melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan. Baik itu ada banyak calon ataupun hanya calon tunggal. Fungsi pengawasan Bawaslu tetap dilaksanakan. Karena sama saja potensi pelanggaran tetap ada," imbuh
Koordinator Divisi Hukum, Hubal serta Data Bawaslu RI itu.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, saat ini pihaknya memetakan potensi permasalahan Pilbup Blitar 2020. Salah satunya potensi calon tunggal. Terlebih Kabupaten Blitar memiliki sejarah adanya calon tunggal pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Tahun 2015.

"Potensi calon tunggal bisa saja terjadi. Tapi bagaimana pun kami harus menunggu hingga penetapan nanti. Tentunya kami berharap ada calon lebih dari satu. Sehingga masyarakat memiliki pilihan," kata Hakam.


Sesuai kondisi saat ini, lanjutnya, potensi pasangan petahana kembali mencalonkan diri sangat kuat. Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan pelanggaran bagi pasangan petahana. Yakni dengan mengirimkan surat imbauan kepada Bupati dan Wakil Bupati Blitar untuk tidak melakukan mutasi sebelum masa penetapan pasangan calon sampai akhir masa jabatan.

"Dengan potensi petahana yang kembali mencalonkan diri, maka Bawaslu juga akan memfokuskan pengawasan terhadap netralitas aparatur sipil negara (ASN)," pungkasnya.

Halaman

(sun/bdh)