Bawaslu RI Harap Tidak Terulang Calon Tunggal di Pilbup Blitar

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 13:34 WIB
Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi menyebut, pasangan petahana Rijanto-Marhaenis mendapatkan rekom dari DPP. Bawaslu RI berharap, munculnya nama itu tidak membuat Pilbup Blitar kembali digelar dengan calon tunggal.
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar/Foto: Erliana Riady
Blitar -

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi menyebut, pasangan petahana Rijanto-Marhaenis mendapatkan rekomendasi dari DPP. Bawaslu RI berharap, munculnya nama itu tidak membuat Pilbup Blitar kembali digelar dengan calon tunggal.

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, dalam kunjungan kerja ke Blitar mengatakan, potensi calon tunggal dalam Pilbup Blitar 2020 kembali mengemuka, usai nihilnya calon yang maju dari jalur perseorangan.

Bahkan hingga saat ini partai politik di Kabupaten Blitar tampak adem ayem, atau belum memunculkan tokoh yang menjadi bakal calon. Menurutnya, penting adanya beberapa calon atau pilihan calon dalam pilkada. Sebab, akan membuat masyarakat percaya terhadap sistem legitimasi politik.


"Kami selalu berharap ada calon lebih dari satu. Sehingga ada kompetisi politik, dan masyarakat mempunyai pilihan dalam pesta demokrasi," ujar Fritz saat dihubungi detikcom, Selasa (30/6/2020).

Fritz menilai, menjaga proses demokrasi bukan hanya tugas dari Bawaslu, KPU, dan Kemendagri. Namun butuh peran serta dari partai politik, masyarakat, civil society organization (CSO) atau organisasi masyarakat, serta media. Yakni untuk menyampaikan ke publik mengenai pentingnya ada pilihan calon dalam pilkada.

Selanjutnya
Halaman
1 2