Dirut Sebut RSU Soetomo Tak Pernah Bedakan Asal Pasien

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 21:57 WIB
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr Joni Wahyuadi
Direktur RSU dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Dirut RSU dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi mengatakan pihaknya tidak pernah menolak pasien dari Surabaya. Benarkah untuk masuk RSU Soetomo diperlukan persyaratan yang rumit?

"Jadi Soetomo RS pendidikan. Asalkan ada indikasi medis dan kita punya tempat, itu pasti masuk. Kata siapa sulit, ribet. Asal ada indikasi medis, ada tempat pasti masuk dirawat di Soetomo," kata Joni di Gedung Negara Grahadi, Senin (29/6/2020).

Joni menjelaskan bahwa RSU Soetomo memberi perawatan kepada seluruh orang yang membutuhkan. Bahkan hingga luar provinsi.

"Kami memberi perawatan kepada semua provinsi tidak hanya Jatim, tapi juga Jabar, Jateng, Maluku. Kita tidak membedakan suku, ras, agama, dan lainnya. Tidak benar kalau kita menolak, karena misal ini dari A, dari B. Tidak benar," jelasnya.

Joni menegaskan bahwa saat ini pasien yang dirawat di Soetomo berasal dari Surabaya. Ada 865 pasien asal Surabaya dirawat di Soetomo.

"Dari 1.097 yang dirawat, 865 asal Surabaya. Ya logis orang Soetomo itu ada di Surabaya. Sisanya 232 pasien berasal dari luar Surabaya," pungkas Joni.

(iwd/iwd)