Sempat Terhenti Karena COVID-19, Renovasi Stadion GBT Dilanjutkan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 21:29 WIB
Stadion GBT
Stadion Gelora Bung Tomo (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Pemkot Surabaya kembali kebut renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) setelah sempat terhenti akibat pandemi corona. Stadion GBT sendiri merupakan salah satu lokasi venue yang diusulkan PSSI menjadi penyelengara Piala Dunia U-20 2021 memdatang.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya Iman Krestian mengatakan proses renovasi stadion sudah dimulai proses pembangunan pagar stadion setinggi 3,6 meter.

"Baru mulai pengerjaan persiapan, ini lagi bikin pondasi pager kelilingnya GBT yang setinggi 3,6 meter. Jadi masih on going," kata Iman saat dihubungi detikcom, Senin (29/6/2020).

Sedangkan untuk kursi stadion yang rencanannya akan menggunakan kursi single seat stadioan GBT, rencananya awal Agustus akan datang dan segera dipasang.

"Agustus kursi single seatnya datang. Pemenang tendernya sudah ada, Agustus nanti dikirim. Sekarang masih proses pengecatan tribun," ungkap Iman.

Sedangakan untuk tiga lapangan pendukung stadion yang menjadi syarat FIFA untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 mendatang. Iman mengaku kini mulai dibuka lelang pembangunannya kembali. Sebab saat awal pandemi corona proses lelang sempat terhenti.

"Tiga lapangan pendukung saat ini masih proses lelang. Soalnya lelangnya sempat dihentikan saat awal pandemi. Sekarang dilanjutkan kembali," lanjutnya.

Meski sempat terhenti, namun Iman mengaku renovasi GBT akan selesai sesuai target yakni di akhir tahun 2020.

"Insyaallah Desember selesai. Soalnya sempat terhenti karena awal-awal pandemi, lebaran, dan juga ada PSBB kemarin. Saat ini sudah on track semua," tandas Iman.

Hal yang sama juga disampaikan Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santos yang mengatakan jika renovasi Stadion GBT dan pembangunan tiga lapangan pendukung akan rampung sesuai rencana. Meski saat ini tengah ada pandemi corona di Surabaya.

"Renovasi stadion dan pembangunan tiga lapangan pendukung tetap dilaksanakan sesuai progam tahun 2020, tidak ada yang tertunda," ujar Edi.

Edi menambahkan selama ada pandemi Corona, pembangunan stadion untuk Piala U-20 tetap menjadi perhatian Pemkot Surabaya.

"Piala Dunia menjadi perhatian khusus," tandas Edi.

(iwd/iwd)