Maknai Perjuangan, Kapolda Jatim Napak Tilas di Taman Makam Pahlawan

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 12:24 WIB
kapolda jatim
Kapolda Jatim ziarah ke makam pahlawan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan 10 November. Ziarah ini sekaligus untuk mengenang dan memaknai perjuangan pahlawan Polri dalam membantu merenggut kemerdekaan RI.

Napak tilas perjuangan pahlawan Polri ini dilakukan dengan melakukan penghormatan pada para arwah Pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan hingga prosesi penaburan bunga ke pusara pejuang kemerdekaan.

"Ziarah kali ini sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-74 Bhayangkara pada 1 Juli 2020. Kami kemari untuk mendoakan para pendahulu dan mengenang jasa-jasa para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," kata Fadil di TMP 10 November Surabaya, Senin (29/6/2020).

Fadil menyebut di TMP ini ada 145 pahlawan dari kepolisian yang dimakamkan. Fadil yang mengajak para PJU dan anggotanya ini ingin agar perjuangan para pahlawan bisa menginspirasi anggota dalam melaksanakan tugas pengabdian sebagai Bhayangkara.

Selain itu, Fadil menyebut Polri kini memiliki tantangan dan tugas berat dalam menjaga kondusivitas negara dan membantu mengedukasi masyarakat tentang bahaya COVID-19 hingga turut mengawasi era new normal agar masyarakat tetap bisa beraktifitas dan produktif, namun dalam kondisi sehat.

"Pesan saya kepada seluruh anggota Polri agar meneguhkan hati membulatkan tekad untuk menjadi Bhayangkara sejati. Lebih khusus dalam situasi COVID-19 agar bisa lebih mendharmabaktikan dirinya guna kesiapan kita menghadapi new normal masyarakat tetap bisa sehat, Kamtibmas kondusif, masyarakat juga bisa produktif," harapnya.

(hil/iwd)