Pemuda di Jombang Raup Omzet Jutaan Rupiah Olah Sampah Kartu Seluler

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 07:18 WIB
Pemuda Jombang Ini Raup Omzet Jutaan Rupiah Olah Sampah Kartu Seluler
Daur ulang dari kartu seluler (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Berkat kreativitas dan keuletannya, Aji Wahyu Santoso (23) meraup omzet Rp 9 juta/bulan mengolah sampah kartu seluler. Sampah kartu seluler itu dia rangkai dengan barang bekas lainnya sehingga menjadi miniatur sepeda angin dan sepeda motor.

Ditemui di rumahnya di Desa Sidomoro, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Aji sedang sibuk mengutak-atik beberapa jenis barang bekas. Mulai dari kepingan sampah kartu seluler, jarum pentol, sedotan plastik, pipa bekas, hingga spons limbah pabrik sandal.

Anak pertama dari pasangan Andik Prasetiyo (44) dan Wahyuningsih (50) ini memotong sampah kartu seluler sesuai pola yang dia buat. Potongan sampah kartu seluler itu digunakan sebagai kerangka miniatur sepeda angin dan berbagai aksesorisnya. Bagian lainnya dari miniatur sepeda dia buat menggunakan cotton but, sedotan dan spons.

Sementara roda sepeda dia buat menggunakan pipa bekas atau botol plastik. Agar tampak seperti roda sepeda sesungguhnya, Aji menggunakan jarum pentol sebagai jeruji. Selanjutnya, miniatur sepeda dia warnai dengan cat semprot atau air brush agar terlihat menarik.

"Sampah kartu seluler saya beli dari konter-konter ponsel. Harganya Rp 100 per keping," kata Aji di rumahnya, Senin (29/6/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2