Ratusan Mahasiswa Unair Ikuti Wisuda Online dengan Sakral dan Tetap Haru

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 16:07 WIB
wisuda unair secara daring
Wisuda Unair secara daring (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 732 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengikuti prosesi wisuda secara online. Kendati demikian, pengukuhan wisudawan secara daring ini menjadi momentum yang penuh haru dan sakral.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih memaparkan bahwa 732 mahasiswa yang diwisuda ini terdiri dari lulusan jenjang diploma (D3-D4), sarjana (S1), dan doktor (S3). Wisuda berlangsung di Aula Garuda Mukti Kampus C Unair dan disiarkan langsung diikuti wisudawan dari kediaman masing-masing melalui zoom dan youtube official account Universitas Airlangga.

Nasih mengatakan wisuda kali ini digelar dalam situasi dan cara yang sangat berbeda karena pandemi COVID-19. Namun, Nasih berpesan para wisudawan perlu mengucapkan syukur, karena tidak semua mahasiswa bisa menyelesaikan pendidikannya dan lulus dari Universitas Airlangga.

"Keberhasilan di wisuda kali ini tidak lepas dari dukungan beberapa pihak yang tidak segan dan tidak hentinya memberikan dukungan positif agar bisa menyelesaikan dan menuntaskan pendidikannya dengan baik. Jadilah orang-orang yang sukses, berhasil dan bermanfaat serta menjadi rahmat bagi alam semesta dan kemanusiaan di sekitar anda," pesan Nasih kepada para wisudawan secara daring, Sabtu (27/6/2020).

Nasih mengatakan situasi pandemi saat ini memang tidaklah mudah untuk dihadapi dengan leluasa. Untuk itu, Nasih menyebut masyarakat harus terbiasa dengan tata cara kehidupan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

"Adanya pandemi memberikan pelajaran bagi kita semua agar lebih teliti dan hati-hati menjaga kesehatan. Kehidupan dalam kenormalan baru harus kita biasakan," imbuhnya.

Dengan digelarnya wisuda daring, Nasih mengatakan hal ini menjadi momen sejarah dan merupakan awal tatanan baru bagi Unair. Wisuda dengan metode daring merupakan komitmen Unair untuk siap menghadapi tatanan new normal yang lebih sehat, disiplin, menghargai waktu, menghargai sesama dan produktif memberikan kemanfaatan bagi umat manusia.

"Wisuda kali ini merupakan salah satu komitmen dalam menghadapi new normal dan tidak mengurangi kebanggaan saudara sebagai alumni Unair yang excellence with morality," lanjut Nasih.

Selanjutnya
Halaman
1 2