Pria Ini Setubuhi Anak Tiri Saat Istri Kerja dan Korban Tidur

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 21:11 WIB
Seorang pria di Pacitan tega menyetubuhi anak tirinya yang masih di bawah umur. Kini korban tengah hamil tiga bulan.
Jumpa pers Polres Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Pria di Pacitan ditangkap karena menyetubuhi anak tirinya hingga hamil. Kini, pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatan bejatnya.

Pelaku yakni JN (37), warga Kecamatan Kebonagung. Usai dijemput di rumahnya, pelaku langsung diperiksa intensif di satreskrim. Dalam pemeriksaan itu, penyidik mengungkap fakta bahwa pelaku kerap mengancam korban.

"Pelaku mengancam korban akan dipukul jika melaporkan kepada keluarga maupun ibunya. (Ancaman) itu disampaikan setelah selesai melakukan hubungan (badan)," kata Kasat Reskrim Polres Pacitan, Iptu Aldo Febrianto saat rilis, Jumat (26/6/2020) siang.


Berdasarkan pengakuan tersangka, perbuatan bejat tersebut sudah dilakukan tiga kali. Yakni pada periode Februari hingga Juni 2020. Pelaku beraksi saat ditinggal istrinya bekerja.

Salah satunya ketika korban tertidur. Kala itu korban kelelahan setelah mengikuti latihan bela diri. Merasa ada kesempatan, tersangka melancarkan aksinya terhadap korban yang masih berusia 15 tahun.

"Dilakukan ketika tidak ada orang di rumah dan pada saat korban tidur habis latihan bela diri. Ada tiga kali itu," papar Aldo.


Hingga saat ini, tersangka masih menjalani pemeriksaan. Penyidik menjeratnya dengan Pasal 81 UURI/35 Tahun 2014. Jika terbukti bersalah, tersangka terancam hukuman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun.

Aldo mengimbau masyarakat lebih peka dan perhatian terhadap anak-anaknya. Hal tersebut bertujuan agar mereka terhindar dari kejahatan seksual.


Kasus pencabulan maupun pelecehan seksual terhadap wanita dan anak di bawah umur, lanjut kasat reskrim, menjadi atensi. Karena itu, pemerintah menerbitkan Undang-undang Perlindungan Anak.

"Karena apa? Anak di sini sebagai kaum rentan dari tindakan-tindakan kriminal," pungkas Aldo.

(sun/bdh)