Ini Tampang 2 Pembunuh Perempuan Berambut Pirang yang Tewas di Jurang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 11:48 WIB
pembunuhan di mojokerto
2 Pembunuh perempuan berambut pirang di Mojokerto diringkus (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Polisi meringkus dua tersangka kasus pembunuhan seorang perempuan berambut pirang yang ditemukan tewas di jurang Gajah Mungkur, Desa/Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Salah satu tersangka ternyata tetangga dekat sekaligus sahabat korban.

Kedua tersangka yaitu Mas'ud Andy Wiratama (23), warga Kecamatan Porong, Sidoarjo dan Rifat Rizatur Rizan (20), warga Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Kedua tersangka membunuh Vina Aisyah Pratiwi (21), warga Desa Pamotan, Porong, Sidoarjo. Selain tetangga korban, rupanya Mas'ud juga sahabat gadis berambut pirang tersebut.

"Tim gabungan menangkap dua pelaku bernama Mas'ud dan Rifat. Di sini sebagai pelaku utama adalah Mas'ud yang merupakan tetangga sekaligus sahabat korban," kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander saat jumpa pers di kantor Satreskrim Polres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Jumat (26/6/2020).

Mantan Kapolres Pasuruan ini menjelaskan tersangka Rifat diringkus di tempat kerjanya pada Kamis (25/6) sekitar pukul 08.00 WIB. Rifat bekerja di sebuah warung kopi di Jalan Arteri, Porong, Sidoarjo. Sedangkan Mas'ud ditangkap di tepi Jalan Arteri Porong, Sidoarjo pada hari yang sama sekitar pukul 14.45 WIB.

"Tersangka Rifat membekap korban dengan sarung dan menjeratnya dengan tambang plastik. Selanjutnya tersangka Mas'ud memukul kepala korban menggunakan tongkat besi," terang Dony.

Selain meringkus kedua tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti terkait kasus ini. Yaitu pakaian korban saat dibunuh, tambang plastik warna hijau sekitar 1 meter, helm dan sepeda motor korban Honda BeAT hitam nopol AG 6889 CV, sebuah ponsel milik korban, tongkat besi sekitar 50 cm, sepeda motor tersangka Rifat Honda CB 150 R nopol W 6958 UD serta mobil Daihatsu Ayla warna putih nopol W 1502 NU

Mayat Vina ditemukan wisatawan yang sedang istirahat sambil berswafoto di tepi jalur Pacet, Mojokerto-Cangar, Kota Batu pada Rabu (24/6) sekitar pukul 15.30 WIB. Korban tergeletak di jurang Gajah Mungkur dengan kedalaman sekitar 10 meter dari pemukaan jalan.

Gadis berambut pirang ini tewas dengan 4 luka akibat pukulan benda tumpul di bagian kepala, luka sobek di pelipis kanan, serta luka di bibir. Berdasarkan hasil autopsi, karyawati pabrik elektronik di Pasuruan ini tewas akibat luka di kepala.

Tonton juga video 'Pembunuh Gadis Dibekuk Usai Sepekan Sembunyi, Ternyata Residivis':

(iwd/iwd)