Kades di Blitar Ini Sudah 2 Kali Lakukan Aksi Heroik Bantu Ibu Melahirkan

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 12:31 WIB
Kades di Blitar Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Trotoar
Kades di Blitar tolong ibu melahirkan di trotoar (Foto: Istimewa)
Blitar -

Aksi heroik dilakukan Kades Pasirharjo Kabupaten Blitar. Sang kades, Chusana Churori sigap membantu proses persalinan seorang wanita di trotoar depan rumahnya.

Ini merupakan pengalamannya yang kedua. Dua tahun sebelumnya, ia juga menolong ibu melahirkan di ruang terbuka.

Pertama, kejadian tahun 2018 lalu. Hanya saja lokasinya berada di tangga masuk menuju rumah bidan tetangganya. Detik-detik melahirkan di luar perkiraan, membuat Chusana bertindak cepat menolong bidan agar bayi bisa selamat.

"Kalau ilmu kebidanan saya ndak punya. Cuma setiap istri saya melahirkan, saya usahakan selalu di sampingnya. Jadi saya melihat bagaimana dokter dan bidan membantu istri saya pas melahirkan," kata bapak dari tiga anak ini kepada detikcom saat dikonfirmasi, Kamis (25/6/2020).

Bayi laki-laki itu adalah anak ke empat pasangan Siti Aminah dan Sunyoto. Mereka warga Desa Kendalrejo, tetangga Desa Pasirharjo. Pengakuan Siti Aminah, saat merasa kontraksi awal dia putuskan pergi ke bidan Desa Kendalrejo.

Namun bidannya tidak berada di rumah. Dia dan suaminya kemudian beralih ke bidan terdekat di Desa Pasirharjo. Ternyata bidan ini juga tidak berada di rumah. Melihat dekat rumah bidan ada tulisan Kades Pasirharjo, dia dan suaminya berniat menanyakan nomor handpone bidan agar bisa melahirkan di rumahnya.

"Ketika jalan menuju rumah kades itu, tidak kuat sakitnya. Saya langsung duduk gitu aja eh keburu mbrojol," kata Siti sambil tertawa.

Tonton video 'Begini Prosedur Persalinan di Tengah Pandemi':

(fat/fat)