New Normal New Spirit, TKI Ini Buka Usaha Karena Belum Bisa Kembali Merantau

Charolin Pebrianti - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 11:43 WIB
Pandemi COVID-19 belum berakhir. Banyak warga yang belum bisa kembali bekerja seperti biasa, di masa menuju new normal ini.
Lukman Hakim, pembuat sepeda minion di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Banyak warga yang belum bisa kembali bekerja seperti biasa, di masa menuju new normal ini.

Seperti para TKI yang belum bisa kembali ke negara rantau. Hal itu dirasakan oleh Lukman Hakim, warga Jalan Ki Lelono, Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Ponorogo.

Pada September 2019, Lukman yang menjadi TKI di Malaysia pulang ke Indonesia karena habis kontrak. Namun saat akan kembali ke Malaysia, ternyata negara tersebut menerapkan lockdown. Akhirnya, ia pun tak bisa kembali ke perantauan.


Karena bingung tak ada penghasilan, pria 38 tahun ini iseng membuat sepeda goyang. Terlebih, Lukman memiliki keahlian mengelas.

"Saya kan di Malaysia kerjanya bagian ngelas, di sini saya cari spare part, saya pasang sendiri juga. Jadi lah sepeda goyang," tutur Lukman kepada wartawan saat ditemui di rumahnya, Rabu (24/6/2020).

Awalnya, ada salah satu temannya yang meminta Lukman membuat sepeda minion. Sebab, di Ponorogo tren sepeda minion sedang naik. Para peminatnya pun datang dari berbagai kalangan.

tonton juga video 'dr Reisa Ajak Masyarakat Lakukan Ini saat Berwisata Era New Normal':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3