Sungai Menjijikkan Penuh Sampah di Pasuruan Dijanjikan Akan Dikeruk

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 13:29 WIB
sungai penuh sampah di pasuruan
Sungai di Pasuruan yang dipenuhi sampah (Foto: Muhajir Arifin/File)
Pasuruan -

Sungai menjijikkan dipenuhi sampah di Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan akan dikeruk. Pengerukan dilakukan sepanjang 300 meter yang dipenuhi sampah dan kotoran sapi.

"Iya itu nanti akan kita normalisasi. Jadi nggak bisa kalau hanya diambil sampahnya karena campur lumpur dan kotoran sapi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto, kepada detikcom, Selasa (23/6/2020).

Heru mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PU SDA Jatim dalam normalisasi. Sungai tersebut merupakan kewenangan Pemprov Jatim.

sungai penuh sampah di pasuruanSungai penuh sampah di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)

"Nanti memakai alat berat, kita koordinasi dengan Dinas PU SDA Jatim karena sungai itu kewenangannya provinsi. Jadi Kamis kita akan koordinasi, kemudian rencananya Sabtu kita normalisasi," terang Heru.

Normalisasi akan dilakukan sepanjang 300 meter dari muara hingga pemukiman. "300 meter yang akan normalisasi sampai di muara," terangnya.

Kebiasaan membuang sampah ke sungai sudah dilakukan warga selama bertahun-tahun. Di wilayah tersebut tidak ada tempat pembuangan sampah.

"Memang belum ada TPS. Bank sampah juga belum ada di desa-desa di Kecamatan Lekok," pungkas Heru.

Jorok! Sungai di Pesisir Pasuruan Ini Dipenuhi Sampah:

(iwd/iwd)