Bule Belgia yang Ngutil di Minimarket Surabaya Dilepas

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 18:59 WIB
bule belgia ngutil
Saat bule Belgia diamankan setelah ngutil sosis di minimarket (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Bule Belgia yang sempat diamankan karena mengutil di sebuah minimarket di Jalan Wali Kota Mustajab, Surabaya, dilepas. Bule tersebut tidak jadi berurusan dengan hukum lantaran pelapor mencabut laporan.

"Sudah ada perdamaian dengan pihak pelapor, sudah mencabut laporan," kata Kanit Jantanras Satreskrim Polrestabes Surabaya Iptu Agung Kurnia Putra saat dikonfirmasi detikcom, Senin (22/6/2020).

Perdamaian pihak minimarket dengan bule bernama Dirk Gibels itu dimediasi oleh konsulat Belgia. "Dan yang bersangkutan kami kembalikan ke Konjen Belgia," ungkap Agung.

Agung mengatakan Dirk mengaku memang mengutil sosis seharga Rp 40 ribu di minimarket tersebut. Alasannya karena ia tak punya uang.

"Alasannya karena nggak punya uang," ujar Agung.

Agung menambahkan di Surabaya, Dirk bekerja sebagai seorang chef di sebuah hotel di Surabaya. Saat pandemi Corona ini, hotel tempat Dirk bekerja tutup sehingga ia nganggur dan otomatis tak mempunyai penghasilan.

"Karena dia nggak di gaji di hotel dia kerja, karena (dampak) COVID," tandas Agung.

Dirk sendiri diamankan warga setelah ketahuan mengutil di sebuah minimarket di Jalan Wali Kota Mustajab pada Jumat (19/6). Sudah dua kali Dirk mengutil di minimarket yang sama sebelum ketahuan.

(iwd/iwd)