200 Bed Belum Terpakai, Risma Persilahkan Gugus COVID-19 Jatim Memanfaatkan

Esti Widayana - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 10:10 WIB
Ruangan RS Husada Utama
Bed RS Husada Utama (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

280 Unit bed untuk penambahan fasilitas di ruang isolasi RS Husada Utama diserahkan. Namun masih ada 200 bed belum terpakai. Tersisanya 200 bed ini bisa dimanfaatkan Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun mempersilahkan Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur memanfaatkan ruang isolasi tersebut khusus pasien COVID-19. Agar penanganan pasien COVID-19 segera mendapatkan perawatan di RS.

Hal itu karena Risma menerima keluhan dari Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono terkait kapasitas ruang isolasi di RSU Soetomo yang penuh. Saat itu, Sekda Provinsi Jatim menanyakan kepada Risma, apakah bisa memanfaatkan ruang isolasi di RS Husada Utama untuk pasien RSU Soetomo.

"Di RS Husada Utama ada 200 (bed) itu belum pernah dipakai. Kami sudah belikan bed 280. Silahkan dengan senang hati jika ditempati," kata Risma dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Senin (22/6/2020).

Risma menjelaskan, bahwa Pemkot Surabaya sebelumnya telah menambah kapasitas bed ruang isolasi khusus pasien COVID-19 di dua RS rujukan. Di antaranya RS Husada Utama dan Siloam Hospital.

"Di RS Husada Utama itu kita berikan 8 ventilator dan 6 ruang ICU itu (Saat ini) kosong," ujarnya.

Maka, Risma pun mempersilahkan Gugus Tugas Jatim menggunakan ruang isolasi di RS Husada Utama. Jika kapasitas di RS Soetomo penuh bisa dialihkan ke RS Husada Utama.

"Silahkan ditempati, karena belum pernah kita tempati itu, kami justru senang. Ada 200 (bed) itu belum pernah kami tempati," pungkasnya.

(fat/fat)