Sejumlah Warga di Kenjeran Surabaya Tak Tahu Ada Gerhana Matahari Cincin

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 16:17 WIB
warga surabaya yang lihat gerhana matahari
Warga berusaha melihat gerhana dari tempat teduh (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya - Gerhana Matahari Cincin (GMC) telah muncul sore ini, salah satunya di Surabaya. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui hal tersebut.

Dari pantauan detikcom, di Pantai Kenjeran dan Jembatan Suroboyo terlihat banyak warga. Sayangnya mereka hanya menikmati akhir pekan dan tak tahu adanya GMC.

Namun, saat salah satu masjid di kawasan Kenjeran mengimbau untuk salat sunah gerhana, warga yang ada di Jembatan Suroboyo pun terdiam sejenak. Rupanya mereka baru mengerti jika ada gerhana matahari.

Seperti salah satu warga sekitar Kenjeran, Uswati yang baru tahu adanya GMC. Meski begitu, dia enggan melihatnya karena rasa takut.

"Ya baru tau ini tadi waktu diumumin masjid. Nggak berani lihat (Gerhana matahari) nanti sakit mata, nggak bawa kacamata juga," kata Uswati kepada detikcom, Minggu (21/6/2020).

Berbeda dengan Sari, salah satu pengunjung Jembatan Suroboyo. Dia mengetahui adanya GMC saat itu, tapi dia enggan melihatnya karena harus membeli kacamata khusus.

"Tahu sih ada GMC, tapi nggak kepingin lihat, nggak punya kacamata. Kalau mau lihat harus beli kacamata dulu," ujarnya. (fat/fat)