Sepekan, 382 Penumpang KA Gagal Berangkat Karena Tak Penuhi Persyaratan

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 16:09 WIB
stasiun banyuwangi
Penumpang KA di Banyuwangi dibagikan face shield (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 1.471 penumpang diangkut PT KAI Daops 9 Jember selama seminggu. Sementara, penumpang yang tak memenuhi persyaratan sebanyak 382 orang.

"Sejak dioperasikannya kembali KA Reguler mulai 12 Juni, terdapat 1.853 penumpang yang kami verifikasi dimana 382 (20%) penumpang KA ditolak berangkat karena tidak memenuhi persyaratan untuk melakukan perjalanan," ujar Manager Humas KAI Daop 9 Jember, Mahendro Trang Bawono kepada wartawan, Jumat (18/6/2020).

Mereka yang ditolak melakukan perjalanan menggunakan KA, karena calon penumpang diwajibkan untuk melengkapi persyaratan serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

Salah satunya adalah surat bebas Covid-19, sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020. Para calon penumpang wajib menunjukkan surat uji PCR dengan hasil negatif yang berlaku selama 7 hari, atau surat keterangan uji Rapid-test dengan hasil non-reaktif yang berlaku 3 hari. Kemudian apabila di daerahnya tidak memiliki fasilitas tes PCR ataupun rapid test, calon penumpang dapat menggunakan surat keterangan bebas gejala influenza (influenza-like illness).

"Penumpang yang ditolak untuk melanjutkan perjalanan tersebut didominasi oleh penumpang yang tidak menyertakan dokumen kesehatan," tambahnya.

Tonton juga video 'Berikut Prosedur Berkereta Era New Normal dari KAI':