BMKG: Waspada Banjir Air Rob di Pesisir Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 07:54 WIB
bmkg maritim
Foto: Tangkapan layar Twiter
Surabaya -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Surabaya mengeluarkan peringatan waspada banjir rob di pesisir Surabaya. Fenomena ini akibat adanya fase bulan baru atau spring tide.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya Taufiq Hermawan dalam surat imbauannya mengatakan fenomena pasang maksimum ini diprakirakan terjadi Sabtu (20/6) hingga Selasa (23/6). Taufiq menyebut ketinggian air pasang bisa mencapai 130 hingga 150 cm

"Waspadai fenomena pasang maksimum yang berpotensi mengakibatkan banjir rob terjadi pada tanggal 20 hingga 23 juni 2020 yang dapat mencapai ketinggian 130 hingga 150 cm dari permukaan laut di wilayah pesisir," kata Taufiq di Surabaya, Jumat (19/6/2020).

Taufiq memaparkan ada beberapa wilayah yang akan mencapai pasang maksimum di perairan Surabaya. Yakni pertama daerah pesisir Pelabuhan Surabaya mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Kedua pesisir Surabaya Timur mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Ketiga, jelas dia, Pesisir Kalianget dan Pamekasan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dan terakhir Pesisir Sidoarjo dan Pasuruan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Tak hanya itu, Taufiq mengimbau masyarakat di daerah sekitar pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena hal ini memiliki dampak bagi masyarakat di sekitar pesisir

"Hal ini berdampak dengan munculnya genangan air yang dapat mengganggu transportasi di sekitar Pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," papar Taufiq.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," imbuhnya.

(hil/fat)