Ada Wacana Surabaya Raya akan PSBB Lagi, Ini Pendapat Pakar

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 16:58 WIB
Warga melintas di depan spanduk sosialisasi akan pentingnya menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) yang ada di kawasan Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (22/4/2020). Kota Tangerang merupakan daerah yang menerapkan PSBB yang bertujuan untuk membatasi aktivitas masyarakat yang tidak penting agar dapat memutus matarantai penyebaran COVID-19.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Surabaya -

Kasus positif COVID-19 di Surabaya Raya kian bertambah, memasuki transisi new normal. Ada sejumlah wacana yang menyebut di Surabaya Raya akan diberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr dr Windhu Purnomo mengatakan terlepas dari benar tidaknya wacana ini, dia menilai penyebutan atau istilah PSBB bukanlah hal yang penting.

Namun, yang terpenting adalah tindakan tegas pemerintah dalam mendisiplinkan warganya untuk menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Jadi kalau memang mau PSBB, silakan. Cuma bagi saya tidak penting dalam PSBB, yang penting yang penting itu kontrol pemerintah untuk mendisiplinkan warga memenuhi dan mematuhi protokol kesehatan," kata dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair ini kepada detikcom di Surabaya, Kamis (18/6/2020).

Tak hanya itu, Windhu menilai warga Surabaya, Sidoarjo dan Gresik juga sudah jenuh dengan istilah PSBB.

Selanjutnya
Halaman
1 2