Khofifah Minta Warga Manfaatkan Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor

M Rofiq - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 20:21 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Pemprov Jatim memberi keringanan pajak kendaraan bermotor selama masa pandemi Corona. Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap kebijakan ini bisa membantu dan meringankan beban warga.

Keringanan pajak ini berupa keringanan sebesar 15 % untuk roda 2, dan 5 % untuk roda 4. Kebijakan ini berlaku mulai 12 Juni-31 Juli 2020 dan berlaku di di seluruh Samsat di wilayah Jawa Timur.

Untuk memastikan berjalan dengan baik kebijakan ini, Gubernur Khofifah mengecek langsung Samsat Kota Probolinggo sebelum melakukan kunjungan dan meninjau Kampung Tangguh Benteng COVID- 19, di Kecamatan Mayangan , Kota Probolinggo.

"Semoga kebijakan potongan pajak kendaraan bermotor, disaat pandemi Corona, bisa membantu beban masyarakat dampak pandemi Corona, mari dimanfaatkan dengan baik" ujar Khofifah kepada wartawan di lokasi, Rau (17/6/2020).

Kepala Bappeda Jatim Budi Prijo S mengatakan adanya kebijakan potongan pajak 15 % kendaraan untuk motor, dan mobil 5 % ini, selain meringankan beban pengeluaran, juga potongan pajak bisa digunakan untuk kebutuhan lain di saat pandemi Corona. Sejak diberlakukan kebijakan stimulus, pendapatan mencapai Rp 5 miliar.

"Adanya kebijakan stimulus dari Gubernur Jawa Timur sangat dibutuhkan saat pandemi Corona. Mari dimanfaatkan dengan baik kebijakan ini. Sejak diberlakukan kebijakan potongan pajak, pendapatan mencapai Rp 5 miliar" kata Budi.

Yuwie Santuso, salah satu wajib pajak mengatakan merasakan langsung adanya potongan pajak sebesar 5 %,. Untuk pajak pajak mobil, dia seharusnya membayar Rp 2.383.000. Karena dapat dapat potongan 5 %, maka dia hanya membayar Rp 2.243.000.

"Sangat merasakan sekali ada potongan pajak kendaraan 5% dari Gubernur Jatim, pajak mobilnya dapat keringanan Rp 150.000, sisa bisa dibuat kebutuhan lainnya, sangat membantu sekali ada keringanan pajak dampak COVID- 19," kata Yuwie. (iwd/iwd)